:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa perbandingan product mix dengan menggunakan metode ABC-TOC dan metode yang digunakan perusahaan saat ini: Studi kasus PT. Kimia Farma, Tbk

Winie Septantri; Isti Surjandari Prajitno, supervisor; Yadrifil, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Product mix merupakan informasi yang penting dalam menyusun rencana produksi suatu perusahaan manufaktur. Product mix yang tidak optimal dapat menyebabkan suatu rencana produksi tidak berjalan dengan baik. Perencanaan produksi yang kurang baik dapat mengurangi kemampuan bersaing perusahaan. Penentuan product mix hendaknya memperhitungkan faktor kendala yang dimilild perusahaan dan menggunakan informasi biaya yang akurat agar kegiatan produksi yang dilaksanakan berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal produksi dan anggaran biaya yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, digunakanlah konsep TOC (Theory of Constraints) untuk memperhitungkan kendala perusahaan dan konsep ABC (Activity-Based Costing) yang dapat memberikan informasi biaya yang akurat untuk memeroleh product mix yang optimal.
Analisa penentuan product mix dengan metode ABC-TOC dan metode saat ini dimulai dari menentukan biaya produksi dengan sistem biaya saat ini dan sistem ABC. Kemudian kendala diidentifikasi dan dieksploitasi dengan menentukan product mix yang optimal untuk tiga model yaitu model ABC-TOC, model Saat Ini dan model Saat Ini-TOC. Product mix yang optimal diperoleh dengan menggunakan programa liner. Input data yang berbeda memberikan product mix yang berbeda. Product mix ABC-TOC menyarankan perusahaan untuk memproduksi 76,344 produk, walaupun lebih kecil dibandingkan dengan yang disarankan product mix model Saat Ini dan product mix model Saat Ini-TOC, namun informasi product mix yang dihasilkan lebih realisitis. Informasi biaya sistem ABC yang lebih akurat dan kendala mesin yang telah diidentifikasi dengan langkah-langkah TOC dapat memberikan product mix yang lebih optimal.

Product mix is an important information in production planning of a manufacturing company. Product mix that isn't optimal will cause the production plan doesn't work well, thus will reduce company's competitiveness. In determining the product mix must consider the company's constraints and accurate cost information, so that the production activity that is implemented according to the plan may work well. So that, the concept of TOC (Theory of Constraints) is used to identify the constrains and the concept of ABC (Activity Based Costing) is used to give more accuracy cost information, to obtain the optimal product mix.
Analysis of determining product mix using ABC-TOC method and current method starts with calculating the production cost using the current cost system and ABC. Then, the constraints are identified and exploited by determining the optimal product mix for the three model which are current model, current-TOC model, ABCTOC model. The optimal product mix can be determined with linear programming. A different input data will result ini a different product mix. Product mix using ABC-TOC model suggests the company to produce 76,344 products, even this number is smaller than other product mix, its information more realistic. Cost information from ABC and the constraints that has been identified are the input for ABC-TOC model formulating. Cost information form current cost system is used to formulating the current model.

 File Digital: 1

Shelf
 Analisa perbandingan-Full text (T 14945).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14945
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 87 hlm. ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14945 15-17-170612036 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93080