:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan model sistem antrian resep di apotik rawat jalan "A" rumah sakit pusat Pertamina

Azizah Rukmawati; Hendrianto Trisnowibowo, supervisor (Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi olch adanya masalah dalam hal waktu tunggu pasien, terutama di Apotik Rawam Jalan ?A? RSPP, berdasarkan survey kepuasan oleh Bagian Total Quality Management yang mendapatkan hasil rendahnya kcpuasan pasien dalam hal waldu tunggu.
Dari analisis situasi di RSPP dan pengolahan data rekapitulasi resep di Apotik Rawat Jalan RSPP ditemukan bahwa sekitar 71% dari coral resep yang dilayani perlunya diselesaikan dalam waktu lebih dari 1 jam, sehingga menimbukan masalah terjadinya penumpukan resep dan waktu tunggu pengambilan obat yang lama di Apolik Rawat Jalan "A" RSPP.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang karakteristik sistem antrian resep dan mencari model yang lebih sesuai untuk melayani resep yang masuk ke Apotik Rawat Jalan "A" RSPP sehingga diharapkan dapat mcningkatkan mutu pelayanan RSPP khususnya pelayanan apotik.
Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan analisis kuantitatif. Data yang diolah berasal dari kegiatan pengumpulan data waktu masuk dan keluarnya resep ke dan dari setiap titik pelayanan di Apotik "A" tanggal 27 - 31 Mei 2002.
Hasil penclitian ini adalah pola kedatangan resep mengikuti distribusi Poisson dengan puncak kedatangan umumnya berada antara pukul 7.30 sampai pukul 12.00, disiplin antriannya FIFO, struktur antrian single channel mulli phase. Pola pelayanan resep juga mengikuti distribusi Poisson dengan rata-rata total waktu pemroscsan resep adalah 2 jam 19 menit.
Pada penelitian ini dibahas tiga altematif untuk mencari model sistem antrian resep yang paling sesuai dengan cara mengubah komposisi petugas di tiap titik pelayanan yang waktu pelayanannya belum optimum, membagi pelayanan resep menjadi 2 bagian antara pelayanan resep iterisasi dan pelayanan resep orisinil.
Pembahasan ketiga alternatif ini difokuskan pada resep dengan obat jadi saja. Ketiga alternatif yang telah disimulasikan menghasilkan parameter antrian yang efisien dengan tingkat utilisasi petugas sudah mencapai nilai optimum. Alternatif kedua dipilih karena parameter antriannya paling baik dan tingkat utilisasi petugasnya paling optimum dengan biaya yang lebih efisien.

Background of this research is waiting problem found in Ambulatory Care Pharmacy "A" Pertamina Central Hospital (Pharmacy ?A? RSPP) based on survey by Total Quality Management (T QM) Department in Pertamina Central Hospital (RSPP).
Survey found a low satisfaction of patients on waiting, time. From the situation analisys in RSPP and processing of prescription recapituation data in Pharmacy ?/\?, about 71% of total prescriptions a day is served more than 1 hour. it caused u prescriptions accumulation and long waiting time of patients who want to get their medicine trom l?l1armacĀ§f RSPP
The purpose of this research, to get a description of prescription queing system and look for a suitable queuing model to increase quality of service at Pharmacy "A" RSPP. This is a cross sectional research with quantitive analisys. Data has collected from May 27"` - May 31", 2002.
The resut of this research is a prescription arrival scheme in Poisson distribution with peak arrival time between 07:30 AM to 12:00 PM. Qucing mode is FIFO, queuing structure is single channel multi phase. Prescription serving scheme also in Poisson distribution rule with total average serving time 2 hours and 9 minutes.
This research discusses three altematives to look For the inost suitable prescription quing model by way of changing officer at every service point which serving time is not optimum, dividing prescription service into 2 sections between iteritation prescription service and original prescription service. Those discussion ony focuses on non blend prescription.
Those simulation result of those three altemulives are efficient queuing systems with optimum ofiicer uliization. The second altemativcs is choosen because it has the most efficient cost and queuing system with an optimum officer utilization.

 File Digital: 1

Shelf
 T6513-Azizah Rukmawati-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T6513
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xx, 296 hlm. ; ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6513 15-20-936023109 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93395