:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Optimalisasi struktur modal perusahaan publik dibidang manufaktur melalui pendanaan right issue: tinjauan terhadap right issue tahun 1995 di BEJ

Imansyah Syamsoeddin; Azhar Kasim, examiner; Sudarsono Hardjosoekarto, supervisor; Martani Huseini, examiner ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

Keberhasilan pertumbuhan ekonomi suatu negara memerlukan dukungan dari berbagai hal; salah satunya adalah sumber pendanaan yang memadai, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Kondisi ini juga berlaku di Indonesia dimana keterbatasan sumber pendanaan pemerintah dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional memerlukan sumber pendanaan alternatif.
Salah satu sumber pendanaan yang saat inl berkembang pesat di Indonesia dilihat dari kapitalisasi dana yang berhasil dihimpun adalah ''Pasar Modal" Pasar Modal memiliki 3 (tiga) macam pendanaan yaitu saham, obligasi dan derivatives, yang masing-masing mempunyal variasinya sendiri misalnya Right Issue untuk saham atau Convertible Bond untuk obligasi.
Berdasarkan data yang didapatkan penulis, Right Issue merupakan metode pendanaan di Pasar Modal yang saat ini paling banyak diminati perusahaan publik dibandingkan dengan metode pendanaaan lainnya. Karena itu penulis tertarik untuk meneliti latar belakang dan alasan yang mendasarinya.
Di dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data melalui studi lapangan sebagai data utama dan studi kepustakaan sebagai data penunjang studi lapangannya menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey terhadap data keuangan dari 7(tujuh) perusahaan publik di bidang manufaktur yang melakukan Right Issue pada tahun 1995. Sedangkan studi kepustakaannya dilakukan dengan cara menelaah buku teori keuangan serta bacaan lain yang dapat mendukung penelitian ini.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Right Issue dianggap sebagai cara mobilisasi dana yang paling mudah dan cepat untuk "waktu dan kondisi" yang ada saat ini di BEJ, dan bukan karena kemampuannya untuk mengoptimalkan peningkatan kemakmuran dari pemegang saham. Kemudahan dan keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan publik dari pendanaan Right Issue timbul karena masih lemahnya peraturan dan pengawasan yang ada pada Pasar Modal kita. Untuk itu penulis menyarankan agar BAPEPAM segera memperbaiki peraturan yang ada dan meningkatkan pengawasannya bagi perusahaan yang ingin melakukan Right Issue serta melarang pendanaan Right Issue yang memiliki indikasi untuk digunakan bagi kepentingan anak perusahaan.

 File Digital: 1

Shelf
 T7311-Imansyah Syamsoeddin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 111 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-901550862 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93571