:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Model asuransi kerugian syariah untuk lindung nilai risiko nilai tukar dengan metode system dynamics : studi kasus PT Indofood Sukses Makmur = Model syariah insurance for exchange rate risk hedge with system dynamics method : study case Indofood Sukses Makmur Tbk

Asri Novita; Mochamad Muslich, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian ini merupakan studi awal mengenai model asuransi kerugian syariah untuk lindung nilai risiko nilai tukar. Model penelitian ini menyajikan model asuransi syariah untuk melindungi nilai transaksi perdagangan International dari risiko nilai tukar dengan membuat simulasi dan evaluasi terhadap model asuransi kerugian syariah yang berperan sebagai lindung nilai risiko nilai tukar dengan konsep takafuli (tabarru') dan investasi. Pembuatan model dan mekanisme lindung nilai syariah yang dapat berperan melindungi investor dari risiko nilai tukar serta penentuan nilai premi yang wajar agar memberikan profit bagi investor dan bagi perusahaan asuransi syariah adalah tujuan dari pembualan model pada penelitian ini.
Hasil penelitian menghasilkan tujuh variabel yang paling krusial dalam asuransi syariah untuk lindung nilai risiko nilai tukar adalah : 1. jumlah unit, 2. kurs transaksi (current kurs), 3. premi rate, 4. nilai bagi hasil untuk tabarru' , 5. domestic interest rate, 6. interest rate USD, dan 7. kurs jatuh tempo (actual kurs).
Model penelitian dengan menggunakan metodologi system dynamics ini dapat merupakan alat kontrol dan kebijakan simulasi bagi manajemen perusahaan asuransi dan bagi investor terhadap risiko nilai tukar untuk Oengambilan kebijakan-kebijakan dalam rangka melindungi transaksi ataupun hutang dalam mata uang asing serta berfungsi juga meningkatkan profit perusahaan dengan penentuan nilai premi yang tepat bagi investor dan bagi hasil yang menguntungkan pihak investor namun tidak merugikan perusahaan asuransi.

This research is a preliminary study on sharia insurance for exchange rate risk hedging. The model provides a mechanism of sharia insurance model for hedging exchange rate risk using takafid (tabarru instrument and investment.
The result of this study shows that there are seven variables which are critical in determining the premium of insurance, namely are 1) unit of transactions, 2) current exchange rate, 3) premium rate, 4) sharing in Tabarruk, 5) domestic interest rate, 6) foreign interest rate, and 7) expected future exchange rate.
By using system dynamics methodology it was found that the model can be used as 1) tools for controlling of exchange rate risk, and 2) tools for assisting in decision making and policy simulation.

 File Digital: 1

Shelf
 T17712-Asri Novita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17712
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 85 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17712 15-19-039672028 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93715