:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Implementasi nilai-nilai budaya Amerika dan keberhasilan Texas Ranger-Special Force pimpinan Leander McNelly pada tahun 1875-1876 = The implementation of American values and the success of Texas Rangers-Special Force : Leander McNelly's leadership in 1875-1876

Eka Yuniar Ernawati; Minderop, Albertine, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan hipotesis yang diajukan peneliti bahwa keberhasilan Texas Rangers-Special Force pimpinan Leander McNelly schagai sebuah model pengamanan lingkungan untuk menegakkan hukum dalam :uengatasi konflik yang terjadi antara kelompok Anglo Texas dan kelompok Meksiko pada tahun 1375-1876 di sekitar sungai Rio Grande dan sungai Nucces, dilandasi dch adanya nilai-nilai budaya Amerika yang diimplementasikan di dalam strategi dan tindakan para Rangers.
Leander McNelly dan saluzm keamnnan Texas Rangers-Special Force yang dipimpinnya telah berhasil menjadi satu contoh konkrit adanya legitimasi dominasi kulit putih Angio Texas di wilayah Texas pada tahun 1875-1876. Diciptakannya satuan keamanan tersebut tidak terlepas dari adanya keresahan yang diaiami komuniti Anglo Texas yang menetap di wilayah sekitar sungai Rio Grande dan sungai Nueces, di mana mereka seringkali menghadapi serangan dari kelompok perusuh Meksiko. Para perusuh Meksiko adalah sekelompok orang Meksiko yang tidak senang akan adanya pemukim Anglo Texas yang ada di wilayah sekitar kedua sungai tersebut, dikarenakan sebelum Amerika berhasil menganeksasi Texas, Texas merupakan wilayah ulayat Meksiko. Namun akibat kekalahan di pihak Meksiko pada peristiwa perang Mekaiko, maka pada tahun 1846, berdasarkan kesepakatan dari perjanjian Guadalupe Hidalgo, Texas harus diserahkan dan menjadi mi!ik Amerika, Menyadari bahwa tidak adanya rasa aman dalam kehidupan para Anglo Texas tersebut maka para Rangers pimpinan Leander McNelly berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam melindungi kelompoknya. Rasa aman pun berhasil diciptakan dengan keberhasilan para Rangers dalam menghadapi kelompok Meksiko. Mereka berhasil mengembalikan ternak yang pemah diambil secara paksa oleh kelompok Meksiko menyerahkan para perusuh tersebut kepada pejabat yang berwenang. Keberhasilan Leander McNelly dan anak buahnya dalam menghadapi kelompok Meksiko dilandasi dari nilai-nilai budaya Amerika yang mereka implementasikan dalam strategi dan tindakan mereka.
Adapun metode penelitian saya ini menggunakan studi kepustakaan dengan metodologi penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini untuk menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai budaya Amerika di dalam Texas Rangers-Special Force sebagai sebuah model pengamanan lingkungan dan penegak hukum pimpinan Leander McNelly mewujudkan keberhasilan dalam mengatasi konflik antara kelompok Anglo Texas dengan kelompok Meksiko di wilayah frontier Texas pada tahun 1875-1876.

The purpose of this research is to prove evidence from my hypothesis: Texas Rangers -Special Force: Leander McNelly's Leadership which was as a lawman had succeeded to solve conflict between Anglo Texans and Mexican who were around Rio Grande river and Nueces river in 1875-1876 based on American values which were implemented in their action.
This Rangers were created by Anglo Texan in 1875-1876 for special purpose was to give protection and safety for the Anglo Texan who lived around Rio Grande and Nueces river, where they oflen had trouble from Mexican marauders. The Rangers did that because there were no lawmen in that area. The Mexican marauders were a hand of Mexican who didn't like with the Anglo Texan around that area. They hated the white American because American had taken Texas from their hand, even the Mexican had given It through Guadalupe Hidalgo treaty.
Leander McNelly and his men tried to give the best in giving security around the border. They succeeded to face and to fighlthe Mexican marauders by implementing the Mexican values.
This research is done by using qualitative research method and the result will he done to proof that the implementation of American values in Texas Rangers-Special Force as a model of the environment security and a lawman through Leander McNelly's Leadership had succeeded to solve the conflict between Anglo Texas and Mexican in Texas, 1875-1876.

 File Digital: 1

Shelf
 T17735-Eka Yuniar Ernawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17735
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 106 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17735 15-19-328438567 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93988