:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran pengasuhan orang tua dan keberagamaan pada perilaku altruistik remaja: pendekatan studi kasus pada relawan remaja

Nia Dewi Kaniati; Winarini Wilman D. Mansoer, supervisor; Shinto B. Adelar, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perilaku altruistik adalah perilaku menolong orang lain tanpa pamrih. Perilaku altruistik remaja kurang banyak diteliti karena remaja dianggap cenderung lebih memperhatikan diri dan kelompoknya saja, padahal cukup banyak remaja yang bekerja sebagai relawan dalam berbagai masalah sosial dan tidak mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran pengasuhan dan keberagamaan terhadap pembentukan perilaku altruistik relawan remaja ditinjau dari teori identifikasiinternalisasi dari Staub (1978) yang dikembangkan berdasarkan teori belajar social dari Bandura (1972). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawanearai lima orang relawan remaja yang membantu anak jalanan, yang dipilih berdasarkan wawancara dan Helping Orientation Questionnaire (Ribal, 1963)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peranan panting dari pengasuhan dan keberagamaan orangtua, yang bekerjasama dengan sifat remaja yang cenderung "mudah". Pengasuhan yang berdasarkan keberagamaan yang kuat, kehangatan dan kontrol serta contoh perilaku prososial dari orangtua mendorong terjadinya identifikasi clan internalisasi nilai-nilai orang tua, sehingga menumbuhkan keberagamaan intrinsik dan perilaku altruistik. Perilaku altruistik relawan remaja ditandai oleh adanya empati, kesediaan untuk menolong yang diiringi rasa tanggung jawab, dan keyakinan akan kernampuan diri dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

 File Digital: 1

Shelf
 Peran pengasuhan-Full Text (T 17820).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17820
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 232 hlm. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17820 15-20-398959752 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 94219