:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan humas dalam reposisi organisasi (suatu studi kasus di Politeknik Negeri Jakarta)

Elisabeth Yansye Metekohy; Harsono Suwardi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Humas sangat penting bagi organisasi. Politeknik Negeri Jakarta adalah
sebuah bentuk organisasi, sehingga humas juga diperlukan. Kemandirian Politeknik Negeri Jakarta sejak Agustus 1998, telah membawa konsekuensi tersendiri di dalam melakukan hubungan dengan publiknya, baik publik internal maupun ekstemal. Upaya-upaya penciptaan dan pemeliharaan hubungan yang baik dan saling pengertian harus glilalcllkan secara intensitl karena lepasnya Poiiteknik Negeri Jakarta dari Universitas Indonesia sedikit banyak membawa darnpgk psikologis tersendiri terutama bagi publik interna1nya. Dengan kemandirian ini (feposisi organisasi) maka humas Politeknik Negeri Jakarta diharapkan dapat mengatasi pennasaiahan tersebut
melalui fungsi dan perannya. Permasalahan yang timbul adalah bahwa Politeknik Negeri Jakarta setelah terpisah dari Universitas Indonesia harus mengembangkan didnya sendiri tanpa bantuan Universitas Indonesia, sementara kedudukan Humas Politeknik Negeri Jakarta baru diaktiikan setelah terpisah dari Universitas Indonesia. Tesis ini menjelaskan tentang fimgsi dan pen-an humas Politeknik Negeri Jakarta setelah mandiri, hubungan intemal dan ekstemalnya, dan kendala-kendala yang dihadapi Humas Politeknik Negeri Jakarta dalam menjalankan peranannya sebagai Humas dari suatu pendidikan tinggi di Jakarta. Konsep -konsep yang digunakan dalam hubungannya dengan penulisan ini adalah menyangkut iimgsi dan peran Humas, Humas sebagai iimgsi manajemen, kedudukan Humas dalam organisasi, Humas dalam pembentukan opini publik dan citra positlf, serta Humas dalam perguman tinggi_ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitialmya adalah deskriptif yang dianalisa dalam bentuk studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Poiiteknik Negeri Jakarta walaupun bam difhngsikan setelah mandiri, telah meiakukan banyak hal, balk yang berhubungan dengan peran dan fungsinya maupun hubungan-hubungan intemal dan ekstemal. Sementara permasalahan biaya, kemampuan sumber daya manusia, hubungan dengan pubiik intemalnya serta mempertahankan dan rneningkatkan citra yang positif masih menjadi kendala Humas Politeknik Negeri Jakarta.

 File Digital: 1

Shelf
 T4803-Elisabeth Yansye Metekohy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T4803
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 108 pages : illustration ; 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T4803 15-19-421466160 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 94645