Full Description

Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text (rdacontent)
Media Type unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Carrier Type volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Physical Description xxviii, 206 pages: illustration; 28 cm. + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
T5073 15-19-793894070 TERSEDIA
No review available for this collection: 95012
 Abstract
Aset yang paling berharga bagi perusahaan adalah tenaga kerja karena itu perlu sekali penjngkatan kesejahteraan bagi tenaga kexja beserta keluarganya rnelalui program jaminan asuransi kesehatan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedolcteran akan mempengaruhi kebutuhan rnasyarakat dalam pelayanan kesehatan Salah satu kinerja yang harus ditingkatkan adalah kemampuan manajemen dalam memberikan polayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Bc-zkasi_ Mutu pelayanan rumah salcit mempunyai 2 (dna) komponen, yaitu pemenuhan terhadap standar mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Menuju era globalisasi dimana persaingan akan lebih terbuka, maka industri pelayanan kesehatan hams mampu membah paradigma dalam memberikan pelayanan kesehatan. Rumah saldt harus memberikan pelayanan yang berfokus pada lcepuasan pelanggan. Saat ini belum ada alat ulcur yang baku untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan rumah sakit. Penelitian ini berlujuan untuk fnencoba rnenerapkan Metode Servqual yang merupakan alat ukur kepuasan pelanggan yang berkaitan dengan mutu pelayanan jasa di Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi. Penelitian ini rnerupakan penelitian survei, dilalcsarlakan terhadap sampel sebanyak 358 orang selama 'I minggu. Variabel pada penelitian ini meliputi variabc-I mutu pelayanan yang tercakup dalam kelima djmensi sewqual, yailu tangible, responsivenest reliabmty, assurance, dan emphaty. Sedang variabel kepuasan adalah melipud harapan dan persepsi responden. dimana tjngkat kepuasan dihitung berdasarkan ke senjangan nilai antara keduanya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa 90% dari pasien merasa puas dengan pelayanan di rumah salcit. Penelitian ini membuktikan bahwa metode servqual dapat digunakan dan efektif untuk diterapkan di nlmah sakit unfuk mengukur kepuasan pasien terhadap mum pelayanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk perbaikan-perbaikan baik dari rumah salcit rnaupun dari pemberi jamman atau program administrasi sehingga didapatkan hasil yang optimal.
Abstract
The most valuable asset of a company its workers. More and more companie providing health beneiits, directly or through health insurance. In addition the development of sience and medical technology has intluenced the need for health care and health insurance. In response to the growing needs for health insurance. RSUD Bekasi mast improve service to increase consumer satisfaction. Quality of care in hospital has two components, the fulfilment to medical standards and meeting customer satisfaction at present, there is no standard instrument in Indonesia to measure c1ient's satisfaction as part of the quality of service provided. 'I?his study aimed at evaluating customer satisfaction on outpatients at RSUD Bekasi using Servqual method. A survey method was used to collect data. there were 358 outpatients, interviewed during seven weeks period. using servqual questions. Quality of care was examined in 5 dimensions : tangible, responsiveness, reliability, assurance and emphaty. Satisfaction was measured by calculating in the score of the gap between clients expectation and clients judgemen before and aiter the care was received. The result, showed that in all dimensions the mayority 90% of patients satisiied with the services. The study also showed that the servqual method could be used etfectively to identify patient's satisfaction. This study hopefully can be used to improve hospital services as well as the insurance services to optimize program perfomance.