:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan strategi pengembangan tenaga akademik dengan tingkat adaptasi universitas swasta (studi kasus dua Universitas swasta di jakarta)

Rr Sri Kartikowati Purnomo; Martani Huseini, supervisor; Azhar Kasim, supervisor; R.A. Anggraeni, examiner; Paulus Wirutomo, examiner (Universitas Indonesia, 1991)

 Abstrak

Usaha mencerdaskan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak selalu menjadi monopoli pemerintah. Dalam hal ini Perguruan Tinggi Swasta (PTS) turut berperan Serta khususnya universitas sebagai salah satu bentuk perguruan tinggi. Untuk memberikan pendidikan yang hermutu kepada masyarakat ada beherapa pihak yang terlibat. Salah satunya adalah tenaga akademik. Keberadaannya sedikit banyak mampengaruhi mutu pendidikan yang diselenggarakan universitas bersangkutan. Dalam konteks ini diperlukan strategi pengembangan tenaga akademik agar tenaga akademik dapat terus memberi andil dalam kelangsungan dan pertumbuhan universitas.
Penelitian ini mengacu pada konsep system yang mengasumsikan bahwa organisasi sebagai suatu sistem akan saling berinteraksi dan saling mempengaruhi di antara sub-sub sistemnya dan dengan supra sistemnya. Agar dapat berinteraksi dengan seimbang organisasi perlu menjaga stabilitas sistemnya. Usaha tersehut merupakan dasar kegiatan pimpinan yang bersifat strategik. Pandanqan manajemen strategik tersebut membawa konsekuensi bahwa bila terjadi perubahan pada satu komponen yang manapun akan herpengaruh kepada beberapa atau seluruh komponen. Konsep lain yang dipedomani adalah pernyataan Wright dan Robins bahwa "pengaturan manajemen strategik memainkan peranan panting dalam lingkungan untuk menuju surggyg dan grgggh". Analisis SWOT mendasari dan mengarahkan manajemen strategik tersebut.
Tujuan penelitian ini ingin mengkaji hubungan antara strategi pengembangan tenaga akademik dengan tingkat adaptasi kedua universitas yang diteliti. Disamping itu juga ingin mengungkapkan pola strategi pengembangan tenaga akademik di kedua universitas yang diteliti. Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai dua universitas swasta yaitu Unika ATMAJAYA dan Universitas Tarumanegara. Janis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan kepustakaan, sedangkan data primer sangat mengandalkan wawancara semi terstruktur, wawancara mendalam kepada unsur-unsur pimpinan universitas serta observasi tak terlibat. Hipotesis penelitian adalah "Ada hubungan positif antara strategi pengembangan tenaga akademik dengan tingkat adaptasi universitas swasta". Analisis data bersifat eksplanatif yang didukung oleh data-data kuantitatif dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pola strategi pengembangan tenaga akademik di kedua universitas. UAJ sangat memprioritaskan penqembanqan profesional bagi tenaga al-cademiknya dibandingkan dengan pengembangan sosial dan pengembangan pribadi. Sementara UNTAR memprioritaskan berjalannya kedua péngembangan, yaitu pengembangan prof-esional dengan pengembangan pribadi. Sedangkan pengembangan sosial tidak mendapat prioritas utama. Hasil penelitian lebih lanjut memperoleh bukti adanya hubungan positif antara strategi pengembangan tenaga akademik dengan tingkat adaptasi universitas.
Saran yang dikemukakan berangkat dari adanya tuntutan perlunya tenaga akademik profesional yang menguasai dua hal yakni kemampuan di bidang disiplin ilmunya dan mampu menciptakan interaksi belajar mengajar (aspek pedagogis). Saran lain ditujukan kepada pimpinan untuk terus menciptakan iklim yang memungkinkan tenaga akademik untuk bersedia terlibat dalam pengembangan dirinya. Hal yang terpenting adalah menjalin hubungan haik dengan pihak/lembaga swasta lain dalam bentuk join research.

 File Digital: 1

Shelf
 T5411-Rr Sri Kartikowati Purnomo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1991
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 182 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-394995976 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 95709