:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Koordinasi antara penyidik dan oditur militer dalam penyelesaian perkara pada pengadilan militer II-08 Jakarta : Suatu penelitian di TNI Angkatan Udara

Muhammad Idris; Andi Hamzah, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Secara khusus tesis ini meneliti tentang koordinasi antara penyidik dan oditur militer dalam penyelesaian perkara di daerah hukum Pengadilan Militer 11-08 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah-masalah sebagai berikut . (1) Untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana koordinasi antara penyidik dan Oditur Militer dalam penyelesaian Perkara di Daerah Hukum Pengadilan Militer 11-08 Jakarta, (2) Untuk mengetahui dan menggambarkan hambatan dalam melakukan koordinasi tersebut, (3) Untuk mengetahui dan menggambarkan kebijakan apa yang telah ditempuh dalam mengatasi hambatan tersebut, (4) Untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana pengawasan oditur militer terhadap berkas perkara yang dikembalikan kepada penyidik.
Dalam Sistem Peradilan Pidana Militer, oditur militer bukanlah yang berwenang menentukan apakah suatu perkara pidana dilimpahkan ke peradilan militer seperti pada Kejaksaan artinya meskipun sebelumnya Perwira Penyerah Perkara meminta saran pendapat hukum oditur militer karena sifatnya saran pendapat jadi tidak mengikat, akhirnya Perwira Penyerah Perkara juga menentukan. jika terdapat pertentangan antara oditur militer dengan keputusan Perwira Penyerah Perkara maka perbedaan pendapat tersebut diputus oleh Pengadilan Militer Utama. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 tahun 1997.
Hasil penelitian menunjukan bahwa koordinasi antara penyidik dan oditur militer belum berjalan sebagaimana yang telah ditentukan Hukum Acara Pidana Militer. Hambatan yang paling mendasar adalah menyangkut sarana dan komunikasi. Sedangkan upaya yang dilakukan adalah dengan terus meningkatkan koordinasi.

 File Digital: 8

Shelf
 T 18211 Koordinasi antara-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Literatur.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Analisis.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-HA.pdf :: Unduh
 T 18211 Koordinasi antara-Lampiran.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T18211
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 133 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18211 15-19-208860920 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 95779