:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh kualitas penerapan manjemen material konstruksi pada kinerja proyek fast track EPC

Erdi Permadi Novian Pancawhardana; Achmad Waryanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Adanya persaingan yang tajam pada semua sektor industri. Tidak terkecuali bisnis industri proyek konstruksi. Tuntutan peningkatan penghematan biaya pelaksanaan proyek konstruksi menjadi hal yang sangat diperlukan. Manajemen material konstruksi adalah sistem manajemen yang terintegrasi antara perencanaan, pengendaliun dan usaha-usaha untuk mencapai fungsi-fungsi antara lain : material, persiapan requisition hinggn pembelian (purchasing), menilai dan mcmilih vendor (bidflers) hingga negosiasi pembelian, mengekspedisi, memilih transportasi yang tepat dan ekonomis, menerima kedatangan material, menginspeksi hingga mendistribusi material kepada pekerja di lokasi proyek.
Penelitian ini menggunakan kuesioner, responden berjabatan manajer, menggunakan 32 sampel proyek dengan lingkup pekerjaan engineering, procurement dan construction (EPC), dikerjakan secara fast-track dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Data diolah menggunakan program SPSS v.I 1, LISREL v.8.53 dan Crystal Ball v.2000, melakukan analisis statistik deskriptii deduktif (inferensia), komparatif asosiatif uji model kebaikan sesuai dan validasi serta simulasi Monte Carlo.
Hasil penelitian ini memperlihatknn kualitas penerapan manajemen material konstruksi mempengaruhi kinerja biaya sedikit lebih besar dibandingkan kinerja waktu. Diperoleh variabel penentunya, yakni pengalaman kerja manajer desain dalam merencanakan dan melaksanakan manajemen material konstruksi proyek fast-track EPC, penyelesaian desatin utcjor equipment sesuai jadwal, melakukan shop inspection untuk menjamin material/ equipment dapat terkirim sesuai spesifikasi dan sesuai jadwal, memberikan informasi spesilikasi material kepada pihak desain yang berkaitan dengan ketersediaan di pasar dan penghematan, memonitor perkembangan konstruksi dan memastikan tersedianya material sesuai jadwal dan spesifikasi yang diminta oleh pelaksana konstruksi. Probabilitas tertinggi pada forecast kinerja biaya dan waktu, terjadi pada variabel pengalaman kerja manajer desain dalam merencanakan dan melaksanaakan manajemen material konsttrksi proyek fast-track EPC.

 File Digital: 1

Shelf
 T5565-Erdi Permadi Novian Pancawhardana-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T5565
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 204 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5565 15-20-672718346 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 95794