Pentingnya pengembangan strategi promosi peluang investasi dalam rangka meningkatkan penanaman modal di indonesia
Erma Dewi Pujawati;
Martani Huseini, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000)
|
Penanaman Modal (tahun 1967 - tahun 2000) UPerkembangan penanaman modal di Indonesia sejak berlakunya Undang-Undang No. 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing dan Undang-UndangNo.6 tahun 1968 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri melaju dcngan pemtsciring dengan penumbuhan ekonomi nasional dan intemasional.Globalisasi yang diikuti liberalisasi perdagangan dan investasi bergerakbegitu cepal, disatu sisi dapat memberikan nilai positif bila pemerintah dapatmengantisipasi, namun dapat pula merupakan ancaman bila tidak mampumcmpersiapkan diri dalam menghadapi persaingan yang semakin tajam_Berlangsungnya perubahan lingkxmgan bcgitu cepat, Indonmia sclarna inimerupakan salah satu negara yang menjadi incaran investor, sejak terjadi I-crisis moneter yang berkembang menjadi krisis discgala bidang sejak pertengahantahun 1997 tampak perubahan sikap investor, membuat perekonomian Indonesiakhususnya sektor riil menjadi sangat terpumk. Krisis tersebut berdampak pula padapenurunan tajam minat dan realisasi penanaman modal baik secara nasional maupundalam rangka PMDN I PMA dalam tahun 1998, 1999 dan 2000.Badan Penanaman Modal dalam beradapiasi dengan perubahan yang sedangberlangsung, harus memperhatikan faktor~f`aktor lingkungan strategik baik intemalmaupun ekstcmal yang berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi dan investasi,mencari dan menentukan strategi promosi peluang inveszasi yang tepat gunamengembalikan dan meningkatkan investasi di Indonesia.Dalam penelitian ini penulis menggunakan mctode kwalitatif dan pendekalandeskriptiti Penulis sebagai karyawati di instansi tersebut melakukan obsewasi danterlibat langsung dalam studi kasus yang penulis teliti.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, dalam menarik danmengembangkan investasi di Indonesia, banyak masalah yang dihadapi antara lain :keterbatasan dana, adanya resesi persaingan menarik modal, kondisi prasarana dansarana berinvestasi, kebijakan pemerintah, kestabilan politik, pengaruh pembahanlingkungan intemal dan ekstemal dan sebagainya.Dengan mengacu hasil penelitian ini, guna mendorong peningkatanpenanaman modal di Indonesia di sarankan agar BPM melakukan Iangkah-langkahstrategis dalam mcmasarkan peluang-peluang investasi yang ada melalui program promosi investasi yang profesional yaitu dengan mclakukan komunikasi yangterintegrasi antara BPM dengan 1 instansi - instansi terkait, BKPMD - BKPMD(pemerintah daerah) dan dunia intemasional melalui pendekatan Konscp lnzegrazedMarketing C ommnicalion. |
T5534-Erma Dewi Pujawati-full text.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T5534 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 240 pages: illustration ; 29 cm.+ appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T5534 | 15-19-145709270 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 95820 |