:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis perbandingan investasi kontrak berjangka komoditi ditinjau dari risiko dan tingkat pengembaliannya dengan menggunakan metode capm : studi kasus komoditi olein dan emas

Edwin Wisantyo; Siahaan, Antonius Torang Parulian, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Investasi merupakan faktor utama yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda perekonomian. Pada saat ini telah ada alternatif lain selain bursa saham untuk investasi penanaman modal yaitu bursa berjangka. Bursa berjangka merupakan tempat dilakukannya transaksi kontrak berjangka. Bursa Berjangka didirikan dengan tujuan menyelenggarakan transaksi kontrak berjangka yang teratur, wajar, efisien, efektif, dan transparan.
Pada penulisan kali ini, yang dijadikan bahan penelitian adalah komoditi Olein dan Emas. Komoditi Olein merupakan produk turunan dari buah kelapa sawit, yaitu berasal dari daging buah sawit. Olein kemudian digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan minyak goreng. Sedangkan komoditi emas adalah merupakan komoditi yang relatif mampu menghadapi guncangan pasar. Hal ini disebabkan oleh karena masyarakat menganggapnya sebagai produk yang relatif aman sebagai pilihan investasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemilihan emas dan Olein sebagai bahan penelitian dalam penulisan ini adalah karena kedua produk tersebut telah memiliki volume perdagangan yang besar dibandingkan dengan komoditi CPO dan kopi robusta yang belum terlalu diminati oleh investor.
Maksud dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sekaligus masukan tentang perbandingan antara investasi kontrak berjangka komoditi Olein dan komoditi emas di bursa berjangka ditinjau dari risiko dan tingkat pengembaliannya dengan menggunakan metode CAPM (Capital Pricing Asset Model). Oleh karena itu tulisan ini akan membandingkan nilai tingkat pengembalian dan risiko untuk komoditi emas dan olein dengan menggunakan metode CAPM, sebagai salah satu cara menentukan keputusan investasi pada sektor kontrak berjangka.
Dari hasil penelitian didapat bahwa, beta Olein dan emas nilainya hampir relatif sama, keduanya memiliki nilai yang positif dengan market, hanya perbedaan sedikit dalam sensitivitasnya dengan pasar. Beta Olein sebesar 0,18 sedangkan emas 0,29, yang menunjukkan bahwa komoditi emas lebih sensitif terhadap perkembangan harga pasar yang mungkin disebabkan karena komoditi emas adalah komiditi yang sudah dikenal oleh masyarakat. Namun jika dibandingkan return maka emas memiliki keunggulan dibandingkan komoditi olein. Jadi walaupun dari nilai beta yang relatif sedikit lebih sensitif namun return emas jauh lebih besar daripada Olein sehingga pemilihan investasi sebaiknya jatuh kepada pilihan komoditi emas.

Investment is one of major factor needed to run the economic growth. Currently, there are some alternatives other than stock exchange for fund investing such as futures market. Futures market is the locations in which futures contract transactions take place. Futures market is constructed with the aim to carry out the systematic, fair, efficient, and effective and transparency futures contract transactions.
For research purpose, this final paper uses Olein and Gold commodity. Olefin commodity is an inherited product from palm oil that originated from the flesh of palm. Olein commodity then can be used as raw material for fry oil, while gold commodity is such a kind of commodity that relatively could face market shock. This is due to most of people consider it as relatively safe product chosen as investment. In conclusion, the chosen of Olein and gold commodity as data research at this final paper is due to such products have high trade volume compared to other kind of commodity such as CPO and Robusta Coffee which is not preferred by many investor.
The objective of this final paper is to give description and also input for the comparison between futures contract of Olein commodity and gold commodity in futures market. The comparison is based on the risk and return by using CAPM (Capital Pricing Asset Model) method as one tool to determine investment decision in futures market sector.
The research result is that beta of Olein and gold have relatively the same number of beta where both have the positive number against market. There is only slightly difference in the sensitivity with market. Olein has beta by 0.18 while gold has 0.29 which describes that gold commodity is more sensitive against market price blooming which might be caused by gold commodity has been already well known by most of the people. However, if we compare to the return, then the gold commodity is superior to Olein. Although the beta is relatively less sensitive but the return of gold is bigger than Olein commodity, hence we can conclude that we better invest in gold commodity.

 File Digital: 1

Shelf
 T 18458-Analisis perbandingan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T18458
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 169 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18458 15-19-646684969 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96348