:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kajian tentang pengaruh iklim organisasi dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai: studi kasus pada kantor sekretariat kabinet republik indonesia

Harly Agung Prabowo; Martani Huseini, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Sekretariat Kabinet Repubiik Indonesia (Setkab RI) merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan tugas pokok memberikan dukungan staf, pelayanan administrasi dan pemikiran kepada Presiden selaku kepala pemerintahan dalam rangka pengambilan dan pengendalian kebijakan pemerintahan. Untuk dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara optimal, perlu didukung oleh ketersediaan pegawai yang memadai baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.
Penelitian tentang pengaruh ikilim organisasi dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai ini dilatarbelakangi oleh pentingnya semangat kerja pegawai dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi suatu instansi. Adapun rumusan masalah yang diketengahkan dalam penelitlan ini adalah keadaan di Kantor Setkab RI yang menyangkut: a) gambaran Iklim organisasi, motivasi dan semangat keija; b) apakah ada pengaruh iklim organisasi dan motivasi terhadap sernangat kelja pegawai baik secam sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Populasi dalam penelitian ini adalah seiuruh pegawai Kantor Setkab RI berjumlah 294 orang masing-masing terdiri dari pejabat eselon II sampai dengan eselon IV dan Staf. Jumlah responden sebagai sampel penelitian berdasarkan Nomogram Harry King sebesar 82 orang yang mewakili seiuruh strata. eknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara deskripijf dan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product for Service Solution). Guna meningkatkan semangat kerja didasarkan pada korelasi dan hubungan antar varlabel dlmaksud yang selanjutnya diberi bobot dan skor untuk menentukan skala prloritas.
Hasii penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran iklim organisasi, motivasi, dan semangat kerja pegawai di Kantor Setkab RI tergolong cukup konduslf, walaupun ada beberapa hal yang dirasakan kurang memadai, seperti prosedur dan tata laksana kerja yang dirasakan terlalu ketat, masih minimnya jumlah pegawai yang bermotivasi Unggi, dan masih banyak pegawai yang kurang proaktif. Di samping itu, masih kurangnya prakarsa kerja, kurangnya kemandirian kerja, kurangnya kemamuan keuja keras, dan kurangnya upaya untuk berbuat Iebih baik terhadap sesama rekan kerja. Hal lain yang per1u diperhatikan adalah masih seringnya pegawai meninggalkan kantor untuk urusan pribadi, terlalu banyak meminta izin untuk kepentingan keluarga maupun kedisiplinan yang masih relatif kurang.
Dari hasil analisis stadstik tampak bahwa iklim organsiasi dan motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran yang perlu diperhatikan, yaitu: Pertama: perlu diterapkan prosedur dan tata laksana kerja yang Iebih fleksibel karena sebagian besar responden berkeyakinan bahwa Heksibilitas itu akan meningkatkan semangat kelja, Ke.-dua: perlu memberikan penghargaan (reward) kepada pegawai yang berprestasi tinggi sebagai stimulus agar para pegawai Iebih kreatif, proaktif, bekelja keras dan rnemiliki semangat kompetisi yang tinggi, Kenya perlu diterapkan disiplin yang Iebih ketat sebagai bentuk antisipasi atas kurangnya disiplin pegawai, Keempat: perlu peningkatan kondisi iklim organisasi dan motivasi pegawai secara simultan karena dua variabel tersebut memiliki hubungan yang positif dan signinkan baik secara parsial maupun kolektlf.
Sebagai tindak lanjut penelitian ini ada baiknya dilakukan penelitian lanjutan serupa dengan kancah yang berbeda dan jumlah sampel yang Iebih besar. Dengan cara ini, diharapkan dapat ditarik suatu generalisasi yang lebih luas dan signifikan sehingga dapat dijadikan referensi ilmiah secara memadai.

 File Digital: 1

Shelf
 T5882-Harly Agung Wibowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T 5882
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 105+(72) hlm.:il.;28 c
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 5882 15-20-371430781 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96761