Usulan penerapan model pengendalian proyek pipanisasi bbm kertapati -jambi
Harry Prawbowo;
Tresna Priyana Soemardi, supervisor
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)
|
BSTRAKProyek Pqoanisasi BBM Kertapati - Jambi di Sumatra Bagian Selatan yang saat initerhenti dikaji kembali kelayakannya,' baik dari segi kebutuhan operasional maupunsecara ekonomi. Untuk itu dikumpulkan data realisasi kebutuhan BBM depot Jambidan ongkos angkutannya untuk beberapa tahun terakhir (9 tahun) serta kemampuanpenerimaan di depot Jambi sebagai bahan kajian kebutuhan operasional. Hasilanalisa menunjukkan bahwa secara operasional sistim pzpanisasi BBM ini sangatdiperlukan.Ktjian ekonomi dibuat dengan cara membandingkan biaya proyek yang dmerlukandengan besarnya penghematan yang didapat bilamana proyek atau sistim pqoanisasiBBM yang dibangun telah dioperasikan, yaitu sebesar biaya angkutan BBM dengantanker, dikombinasikan dengan angkutan BBM melalui darat dengan truk tanki.Hasil kajian menunjukkan bahwa proyek ini layak secara ekonomi dan dengan umurpakai selama 30 tahun mempunyai nilai NPV sebesar Rp 628,45 milyar, IRR sebesar19,62 % dan periode pengembalian modal selama I3 tahun.Selanjutnya proyek akan dilaksanakan dengan menerapkan satu pengendalianproyek; untuk itu memerlukan beberapa prasyarat yang harus dqnenuhi; sepertiadanya ikatan kerja/kontrak yang melibatkan pihak penjamin (asuransy, organisasiproyek, basis biaya dan waktu, prosedur dan adminitrasi proyek, anggarancontingency/allowance dalam biaya proyek serta bentuk atau model pengendalianyang akan diterapkan.ABSTRACTKertapati Pipeline Project at South Sumatra that was temporarily terminated in therecent time need to be analyzed whether it is still operationally and economicallyfeasible or not.To determine the project feasibility a short study about the pattern of fuelconsumption, supply and distribution cost especially for petrol, kerosene and gas oilneeded for Jambi terminal should be made. It requires data on sales volume anddistribution cost in the last nine years and also the terminal receiving capacity topredict the future condition of operational needed; and the result is that pqnelineproject is feasible for built.Economical analysis is made by comparing amount of project cost with revenue ofsaving when the pnteline system built is already in operations; that is equal withdistribution cost by the tanker and tank truck. The result showed that the project iseconomically feasible and by 30 years IW of use it has NPV of Rp 628.45 billions,IRR 19,62 % and pay back period I3 years. |
T5907-Harry Prabowo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T 5907 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 68 pages: illustration; 28 cm. + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T 5907 | 15-19-009301375 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96797 |