:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Usulan penerapan model pengendalian proyek pipanisasi bbm kertapati -jambi

Harry Prawbowo; Tresna Priyana Soemardi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

BSTRAK
Proyek Pqoanisasi BBM Kertapati - Jambi di Sumatra Bagian Selatan yang saat ini
terhenti dikaji kembali kelayakannya,' baik dari segi kebutuhan operasional maupun
secara ekonomi. Untuk itu dikumpulkan data realisasi kebutuhan BBM depot Jambi
dan ongkos angkutannya untuk beberapa tahun terakhir (9 tahun) serta kemampuan
penerimaan di depot Jambi sebagai bahan kajian kebutuhan operasional. Hasil
analisa menunjukkan bahwa secara operasional sistim pzpanisasi BBM ini sangat
diperlukan.
Ktjian ekonomi dibuat dengan cara membandingkan biaya proyek yang dmerlukan
dengan besarnya penghematan yang didapat bilamana proyek atau sistim pqoanisasi
BBM yang dibangun telah dioperasikan, yaitu sebesar biaya angkutan BBM dengan
tanker, dikombinasikan dengan angkutan BBM melalui darat dengan truk tanki.
Hasil kajian menunjukkan bahwa proyek ini layak secara ekonomi dan dengan umur
pakai selama 30 tahun mempunyai nilai NPV sebesar Rp 628,45 milyar, IRR sebesar
19,62 % dan periode pengembalian modal selama I3 tahun.
Selanjutnya proyek akan dilaksanakan dengan menerapkan satu pengendalian
proyek; untuk itu memerlukan beberapa prasyarat yang harus dqnenuhi; seperti
adanya ikatan kerja/kontrak yang melibatkan pihak penjamin (asuransy, organisasi
proyek, basis biaya dan waktu, prosedur dan adminitrasi proyek, anggaran
contingency/allowance dalam biaya proyek serta bentuk atau model pengendalian
yang akan diterapkan.
ABSTRACT
Kertapati Pipeline Project at South Sumatra that was temporarily terminated in the
recent time need to be analyzed whether it is still operationally and economically
feasible or not.
To determine the project feasibility a short study about the pattern of fuel
consumption, supply and distribution cost especially for petrol, kerosene and gas oil
needed for Jambi terminal should be made. It requires data on sales volume and
distribution cost in the last nine years and also the terminal receiving capacity to
predict the future condition of operational needed; and the result is that pqneline
project is feasible for built.
Economical analysis is made by comparing amount of project cost with revenue of
saving when the pnteline system built is already in operations; that is equal with
distribution cost by the tanker and tank truck. The result showed that the project is
economically feasible and by 30 years IW of use it has NPV of Rp 628.45 billions,
IRR 19,62 % and pay back period I3 years.

 File Digital: 1

Shelf
 T5907-Harry Prabowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T 5907
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 68 pages: illustration; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 5907 15-19-009301375 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96797