Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa jepang peserta pelatihan program pemagangan ke jepang
Quartatma, RA Danang P. author;
Ace Suryadi, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001)
|
Dari Iaporan penyelenggaraan workshop penyusunan kurikulumlsilabus dan pedoman evaluasi program pemagangan ke Jepang,peser1a yangdinyaiakan gagal dinyatakan cukup tinggi (7-10%) dan ada keoenderunganmeningkat. Kegagalan peserta disebabkan karena kemampuan befoahasaJepang yang masih kurang sehingga peserta magang dipulangkan dari jepangsebelum waktunya belajar selesai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeiahui hubungan antaravariabel nilai ukuran 'kecerdasan/IQ peserta latihan program pemagangan,percakapan menggunakan bahasa Jepang di Iuar kelas aiau di asrama,pelaksanaan pekerjaan rumah, pelaksanaan test harian dan jumlah penggunaanbuku terhadap kemampuan berbahasa Jepang. Analisisa dalam penelitian inidilakukan berdasarkan kemampuan berbahasa Jepang peserta. Indikator dari kemampuan berbahasa Jepang adalah nilai akhir pra pemberangkatan pesertamagang ke Jepang. Jumlah populasi yang terpilih adalah peserta magang keJepang angkatan sembilan puluh sembilan, di Balai Latihan lnstruktur danPengembangan Cevest Bekasi dengan a!asan angkatan sembilan puluh sembilanadalah angkatan yang terbaru saat penelrtian ini dilakukan.Analisisis data yang digunakan dalam penelitian ini model regresiberganda dengan metode stepwise menggunakan program statistik SPSS 10.1.Guna mengetahui gambaran umum di gunakan deskriptif statlk mengenai mean,standar deviasi dan nilai minimum dan maximum.Untuk memberikan gambaran hubungan atau korelasi digunakan nilaikoefiosien korelasi. Sedangkan nilai koefisien detenninasi R2 menunjukkan variandari Y yang dijelaskan oleh semua variabel prediktor. Perubahan dari nilaikoefisien determinasi menggambarkan perubahan varian dari setiap variabelprediktor terhadap variannya dalam menjelaskan perubahan pada variabel terikat.Secara umum hasil peneiitian ini menjelaskan bahwa nilai ukurkecerdasanIIQ, percakapan menggunakan bahasa Jepang di Iuar kelas, pekerjaanrumah, test harian dan jumlah penggunaan buku temyata mempunyai pengamhterhadap kemampuan berbahasa Jepang. Untuk nilai ukur kecerdasan temyatamempunyai pengamh yang paling besar dalam meningkatkan kemampuanberbahasa Jepang |
![]()
|
No. Panggil : | T5982 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | x, 82 pages: illustration; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T5982 | 15-19-027526230 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96827 |