:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dinamika perkembangan generativitas dalam hubungannya dengan aspek religiusitas-spiritualitas dan demensi aktualisasi diri

Thelma Natasuwarna; Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Dini P. Daengsari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Laporan penelitian ini membahas mengenai dinamika perkembangan generativitas berdasarkan suatu Model Generativitas yang dibangun oleh McAdams dan de St. Aubin yang terdiri dari tujuh karakteristik dan kajian hubungannya dengan aspek religiusitas-spiritualitas serta dimensi aktualisasi diri. Wink dan Dillon menemukan bahwa generativitas berhubungan dengan karakteristik religiusitas dan spiritualitas pada seorang individu dewasa. Di masa dewasa madya juga diyakini bahwa individu akan mcncapai suatu kebutuhan aktualisasi diri yang dirumuskan oleh Maslow.
Penelitian ini meninjau hubungan ketiga hal itu berdasarkan kerangka teori masing-masing, hasilnya diharapkan dapat membantu efisiensi perkembangan psikososial dewasa madya dan dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Studi kualitatif dengan metoda pengumpulan data menggunakan wawancara kisah hidup ini terdiri dari delapan pertanyaan pokok mengenai perkembangan dari masa kecil hingga masa dewasa.
Karakteristik generativitas subyek mengalami dinamika sejak usia remaja, dewasa muda, hingga puncaknya usia dewasa madya. Titik temu dari dinamika tersebut adalah karakteristik keyakinan generatif yang berhubungan erat dengan aspek religiusitas dan spiritualitas, dan dengan beberapa dimensi aktualisasi diri yang khas. Ideologi personal secara konsisten mendasari tema dominan hidup subyek. Tema dominan hidup subyek memperkuat keyakinan generatif dan komitmen generatif para subyek. Pada akhimya, dalam penguraian makna generatif, sub-karakteristik tujuan prososial masa depan subyek sangat berkaitan erat dengan keyakinan generatif tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 Dinamika-Full Text (T 18614).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T18614
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 226 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18614 15-20-854664541 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96978