:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Wanita pekerja industri tekstil dan peranannya dalam kehidupan keluarga

Thaufik Robbyanto; Indra Lestari Fawzi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Penelitian tentang Wanita Pekelja Industri Tekstil Dan Pcranannya Dalam Kehidupan Keluarga ini mengambil lokasi di Kelurahan Padasuka yang merupakan salah satu bagian wilayah Kccamatan Cimahi Tengah yang terdapat di Kota Cimahi Propinsi Jawa Barat, dengan luas wilayah 198,180 Ha.
Dengan semakin banyaknya Wanita atau istri yang bekexja di luar rumah dimana alasan mereka bekelja bukan hanya sebagai pengisi waktu luang melainkan karena iuntutan ekonomi keluarga, maka pada kenyataannya. membawa pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan keluarganya. Perubahan tersebut berhubungan dengan fungsi dan peran mereka dalam kchidupan keluarganya, dimana demi menambah penghasilan keluarga mcreka hams berperan ganda yakni sebagai ibu rumah tangga dan sekaligus pekerja. Fenomena ini juga muncul di Kclurahan Padasuka yang berlangsung sejak kunm waktu sepuluh tahun terakhir dan semakin meningkat sejak krisis ekonomi terjadi di Indonesia.
Penelitian ini bcrtujuan untuk mendeskdpsikan Wanita pekerja yang ada di Kelurahan Padasuka yang bekelja pada industri tekstii yang ada di Kota Cimahi dan menganalisis faktor-faktor apa yang mendorong mereka bekelja, permasalahan yang mereka hadapi serta bagaimana peranan mercka dalam kehidupan keluarga. Untuk menjawab dan menganalisa permasalahan tersebut, maka dipergunakan suatu kerangka berpikir dengan berpedoman pada pendekatan dan konsep teoritis yang berhubungan dengan keberadaan wanita dan peranannya, balk dalam keluarga maupun masyarakat Pendekatan dan konsep terscbut, mcliputi konsep jender dalam pembangunan, konsep peranan wanita dalam keluarga dan konsep tentang wanita dan kerja.
Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunalcan pcndckatan kualitalif; dimana pendekatan ini pada dasamya merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data dcslniptifl berupa kata termlis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini, penulis mengawali kegiatan dengan studi pustaka, kemudian mclakukan pangamatan langsung di lokasi penelitian dan mengadakan wawancara mendalam dengan mempergunakan pedoman wawancara semi terstruktur kepada para informan guna memperoleh data dan informasi méngenai peranan wanita pekerja di Kelurahan Padasuka dalam kehidupan keluarganya, sehingga tujuan untuk mendeskxipsikan dan menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan peranan wanita pekelja daiam kchidupan keluarganya dapat tergambar dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, tergambar bahwa alasan yang mendasari wanita pekelja melakukan pekezjaan di luar rumah adalah faktor ekonomi, yaitu untuk membantu menambah penghasilau keluarga yang dirasakan kurang apabila hanya suami yang bekexja Dan pemilihan industri tekstil sebagai tempat kerja mereka lebih didasarkan pada sifat peketjaan yang mereka anggap tidak terlalu berat dan tidak memerlukan keahlian khusus serta proses penerimaan pekerja yang relatif mudah_ Selanjutnya pennasalahan yang biasa mereka hadapi lebih disebabkan oleh kebijakan perusahaan yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Dengan hekmjanya mereka maka peranan mereka dalam rumah tangga mengalami perubahan, temtama dalam hal hubungan sosial dalam keluarga., proses sosialisasi anak, pengambilan keputusan dalam keluarga dan pembagian kerja dalam mmah tangga.
Wanita pekenja telah berperan ganda dalam mmah tangganya, ada baiknya mereka menyadad keterbatasan waktunya untuk keluarga dan tidak memaksakan did untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan mmah tangga sampai tuntas. Selanjutnya sebagai bentuk dukungan bagi Wanita dalam menjalankan peran gandanya, pada gilirannya suami lebih meningkatl-can keterlibatan mereka dalam menyelesaikan pekcnjaan rumah tangga. Hal ini hams dilakukan untuk tctap menjaga kcutuhan keluarga tanpa diliputi perasaan direndahkan.

 File Digital: 1

Shelf
 T6135-Thafuik Robbyanto-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T6135
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 163 hlm.: ill.; 28 cm.+ lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6135 15-19-107623963 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 97023