:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengna kepuasan peserta sukarela jpk pt askes terhadap peayanan klinik ppk pt. askes kpc bekasi tahun 2000

Bulan Rachmadi; Wachyu Sulistiadi, supervisor (Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Untuk dapat- menjalankan tangglmg jawab dalam menyclenggarakan pemeliharaan kesehatm bagi peserta, PT ASKES hams mengusahakan adanya suatu jaringan Pemberi Pelayanan Kesehatan yang sanggup melaksanakan upaya pemeliharaan kesehatan da1amjenis,.jumIah dan mutu Iayanan. yang sesuai dengan kcbutuhan peserta serta ketentuan yang berlaku. Pelayanan kesehatan yang bcrmutu yaitu pelayanan yang dapat memberikan kepuasan atau sesuai dcngan kebutuhan/ harapan pelanggarmya.
PT ASKES Kantor Pembantu Cabang Bekasi adalah Salah satu cabang pembatu PT ASKES di Bekasi, yang mempunyai S263 anggota peserta sukarela Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dengan 13 k.linik_Pemberi Pe1ayanazLKesehatan rawaijalan dan 5 Rumah Sakit. Sampaisaat- ini bchnn diperoleh informasi bagaimana tingkat kepuasan peserta tcrhadap-klinik Pemberi Pelayanan Kcsehatan yang ada di Bekasi dan faktor - fakloryang berhubungan. Guna mengetahui ini telah dilalcukan penelitiau menggunakan disain penelitian Cross Sbctfonal, dengan responden 121 pcscrta sukarela Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.PT ASKES di 9 klinik- PT ASKES KPC Bckasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan peserta sukarela Jamipan Pemeliharaan Kesehatan PT ASKES terhadap pclayanan kllnlk Pemberi Pelayanan Kesehatan PT ASK.ES"~ KFC Bekasi, dipcroleh 58,70 % mcnyatakan tidakpuas dan 41,30 % yang puas. Berdasarkan hasil uji chi - square, kcpuasan berhubungan dengan tcmpat pelayanan, dirnana kondisi tempat pelayanan sebagian besar mernpunyai kategori tidak baik. Kepglasan peserta juga berhubungan dengan karakteristik petugas penerima pasien dan dokter yang melayani antara lain dengan usia petugas, jenis kelamin petugas dan dokter , masa kerja petugas dan dokter, sedangkan umur dokter dan status perkawinan petugas dan dokter tidak berhubungan. Perbedaan yang terjadi antara petugas dan dokter adalah pada jenis kelamin dimana kepuasan dapat diberikau dokter laki - laki sedangkan pada petugas peneriina pasien adalah wanita.
PeneIitian ini menyimpulkan bahwa pengalarnan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik PT ASKES KPC Bekasi, belum sesuai dengan harapannya, sehingga pcscrta banyak merasa tidak puas . Ketidakpuasan ini berhubungan dengan faktor-faktor pada inpuz yang meliputi sarana dan tengga dari pelayanan tersebut.
Penelilian ini menyarankan PT ASKES dapat menetapkan suatu standar dalam menentukan klinik Pembcri Pelayanan Kesehatan dan untuk Pembcri Pelayanan Kesehatan disarankan peralatan mang dan tcnagu mengacu pada standar -pelayan Praktek Dokter Berkelompok Spuzialis yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan.

To further pursue PT ASKBS responsibility on maintaining health serves to its customers, a network of PPK needs to exist. Such network shall service; type, quantity and quality in accordance to the customer need and current regulation.
PT ASKES of Bekasi has 5263 customers,-covering I3 PPK clinics, 5 hospitals; and at the present time no d2nn_QrLc_ustomensar.isfacton-isavalable.
The following study is intended to obtain such quality services using cross-scctional method. Respondents of 121 customers are taken as the basic research.
The study shows that 58.7% customers are not satisfied with PT ASKES services and only 41.3% are satisfied. The study also shows that characteristic of medical doctor and admission such as, gender, age admission and working experience except age of medical doctor and marital status are related to customer satisfaction. The difference on quality is indicated through sen/ice satisfaction male medical doctor and female admission.
Chi~square test indicated that the quality of facility, admission, and medical doctor services is-poor. The study concludes that customers are basically un-satisfied, particularly when it comes to facility and services (doctors and others). It is suggested that a well-known standard is to be used, paricularly Ministry of Health for Specialist Medical Doctor Standard.

 File Digital: 1

Shelf
 T6326-Bulan Rachmadi-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T6326
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 110 hlm. ill. ; 29 cm.+ lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6326 15-20-906377418 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 97107