Penerapan konsep green marketing sebagai strategi usaha bank: suatu kajian tentang efektifitas penerapan konsep green banking terhadap pemahaman dan pembentukan sikap karyawan di bank p
Isyono Broto Wardjuno;
Martani Huseini, supervisor; Azhar Kasim, examiner; Henry Faisal Noor, examiner
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK Kebijakan Pemerintah di bidang Perbankan berhasil menciptakan iklimusaha yang lebih kondusif terhadap perubahan iklim usaha nasional, sehinggaperkembangan pasar terjadi sangat dramatis dan semakin kompetitif. Dilain pihakgerak usaha bank dibatasi oleh rambu-rambu yang harus ditaati untuk mencapaitingkat kesehatan yang disyaratkan oleh Pemerintah melalui Bank Indonesia. Kondisiini menyebabkan semakin berlombanya bank-bank dalam menarik dan memikatmasyarakat dan nasabahnya dengan berbagai macam kreasi penarik dilekatkan padaproduk dan jasa yang ditawarkan. Segala upaya dan strategi usaha menjadi sangatpenting untuk dipilih dan ditetapkan guna mencirikan satu bank dengan lainnya.Tertarik akan apa yang dilakukan oleh Bank P dengan penerapan konsepbank yang berwawasan lingkungan (Green Marketing) yang pada Bank Pdipopulerkan dengan Green Banking sebagai strategi usaha, maka penulis menelitisejauhmana bank ini telah berhasil menanamkan pengetahuan atas konsep tersebutdan membentuk sikap karyawannya.Dari apa yang berhasil diungkapkan dalam penelitian ini, temyata GreenMarketing merupakan strategi usaha yang berdimensi ganda sebagai pertumbuhanpe/uang usaha dan pertanggung jawaban usaha, diterapkan dalam mencirikan danmemposisikan Bank P beda dari bank lainnya. Perbedaan kepedulian terhadapkelestarian lingkungan ini menjadi satu tekad untuk mempertemukan kesamaanpersepsi dengan rnasyarakat segmennya yang diyakini akan terus berkembang, danoleh karenannya tetap akan membuka peluang bagi penerapannya.Secara signifikan Bank P telah berhasil meningkatkan pemahaman pengetahuan akanGreen Banking dan telah pula berhasil merubah sikap karyawannya menjadi lebihbaik, walaupun kemudian masih terungkap beberapa kekurangan dalamimplementasi stategi ini, seperti cara yang ditempuh untuk meningkatkankemampuan karyawan, belum adanya manual yang dapat dipergunakan sebagaipedoman operasional, dan sebagainya.Hal lain yang juga diperlukan adalah dukungan pemerintah melaluiperlakuan terhadap Undang-undang yang ada, yang tarnpaknya keberlakuannyamasih perlu ditegakkan secara konsekwen jika pembangunan berkelanjutan yangberwawasan lingkungan tetap menjadi sasaran yang harus dicapai. Penelitian inimerupakan tahap awal dari proses evaluasi strategi usaha sehingga masih harusdilakukan penelitian lanjutan dan diperluas lagi agar lebih jauh dapat menilai danmenterjemahkan keberhasilan penggunaan strategi ini terhadap performansi usahadan mengukumya dengan dua dimensi diatas yaitu menangkap peluang yang diolahdalam usaha yang dapat dipertanggungjawabkan, dengan tetap mengacu kepadakelestarian lingkungan. |
T9839-Isyono Broto Wardjuno.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 132 pages: illustration; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-174877554 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 97218 |