:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi kehumasan institusi penyelenggara pendidikan swasta metode asing : studi kasus community relations sekolah High/Scope Indonesia, TB. Simatupang

Berti Indah Sari; Harsono Suwardi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Kegiatan kehumasan khususnya community relations atau community development dalam suatu perusahaan yang berlokasi di wilayah pemukiman penduduk sungguhnya mutlak diperlukan, mengingat perusahaan tidak hidup sendiri namun berdampingan dengan komunitas masyarakat dngan strata sosial yang bervariasi. Kegiatan community relations yang terencana dan terarah akan semakin dibutuhkan terutama bagi perusahaan/institusi yang beroperasi di wilayah pemukiman penduduk yang memiliki potensi konflik yang cukup besar, yang diantaranya diakibatkan oleh adanya social gap antara pihak perusahaan dengan komunitas sekitarnya. Soperti yang dialami oleh Sekolah High/Scope Indonesia dengan komunitas sekitarnya, khususnya komunitas di wilayah RT 001/002 yang berbatasan langsung dengan perusahaan tersebut.
Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis kerja dan penanganan kegiatan dan konflik yang dilakukan oleh High/Scope Indonesia dalam kategori community relations dan government relatians, mengetahui fungsi kehumasan High/Soope, mengetahui seberapa penting kegiatan community relations dikembangkan dalam institusi High/scope serta strategi kegiatan comrel yang baik, dan terakhir untuk mendapatkan gambaran dan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuk atau tidaknya suatu departemen kehumasan di Sekolah High/Scope Indonesia.
Teori-teori atau kerangka konsep dalam penelitian ini berasal dari rumusan sejumlah pendapat ahli kehumasan yang khusus membahas kegiatan community relations seperti; Philip Lesly, Otis W. Baskin dan Craig A. Aronoff, Cutlip dan Center, Rhenald Kanali, Roger Haywood, Clark. L. Caywood, dll. Penulis mencoba merumuskan pendapat-pendapat tersebut dalam 7 konsep proponen yang kemudian dibandingkan dengan data hasil temuan lapangan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus community relations Sekolah High/Scope Indonesia yaitu dengan menggambarkan kebutuhan community dan local govemmenr relations (khususnya kegiatan hubungan dengan pemerintah lokal yang mendukung kegiatan community relations) dalam Sekolah High/Scope Indonesia serta bahasan mengenai strategi kegiatan community relations yang terarah dan terencana, dengan observasi langsung ke lapangan melalui wawancara mendalam terhadap sejumlah subyek data. Unit analisis dalam tesis ini adalah studi kasus yakni Sekolah High/Scope Indonesia dan unit observasi atau unit respon adalah individu atau para informan kunci (key informant). Hasil wawancara akan dituangkan dalam bentuk naratif dan life story dan dianalisis secara kontekstual.
Dari hasil observasi dan wawancara mendalam, penulis menemukan adanya tiga konflik dalam periode satu tahun (2002-2003) yang diakibatkan kekurangharmonisan hubungan antara pihak sekolah High/Scope Indonesia dan komunitas masyarakat Rt.001/002, kelurahan Cilandak Barat, dimana Sekolah tersebut berlokasi. Konflik tersebut kurang mendapat penanganan yang maksimal, hal tersebut terbukti dari frekuensi kasus yang berulang dan sikap antipati masyarakat yang mulai muncul akibat solusi sepihak. Konflik tersebut akan semakin memancing ketika pihak SHI membeli tanah pembuangan sampah ?tidak resmi? warga masyarakat setempat. Indikasi tersebut mulai tampak dari hasil wawancara penulis terhadap pihak pemuka masyarakat dan sikap ?curiga? penduduk terhadap ?tamu? yang datang ke lokasi tersebut. Hal tersebut akan diuraikan dan dibahas Iebih lanjut dalam tesis.

 File Digital: 1

Shelf
 T12192-Berti Indah Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T12192
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 193 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T12192 15-20-517088858 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98283