:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh kualitas manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan kinerja perusahaan jasa konstruksi Indonesia

Sugiarto Rustan; Bambang Trigunarsyah, supervisor; Sudarto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

SDM merupakan sumber daya yang paling penting dalam perusahaan. Di satu sisi SDM dalam perusahaan jasa konstruksi Indonesia sangatlah lemah. hal ini disebabkan karena rendahnya tingkat pendidikan dan kurangnva profesionalisme. sehingga perusahaan jasa konstruksi di Indonesia tidak dapat bersaing dengan perusahaan yang sama dari luar negeri. Industri konstruksi sendiri memakai jasa tenaga kerja terbanyak dan PDB; terhesar dibanding industri yang lain.
Tujuan penelitian ini untuk menentukan faktor yang paling berpengaruh guna peningkatan kinerja melalui aktivitas' MSDM dalam perusahaan serta kontribusinya. Kinerja perusahaan yang dimaksudkan adalah Kcuangan, Proses bisnis Internal, Pelanggan, Pertumbuhan dan Pembelajaran.
Dilakukan metode survey keperusahaan kontraktor dan menyehatkan kuesioner serta sedikit wawancara, lalu dilakukan analisa statistik Non Parametrik dan Parametrik. Dari non parametrik diketahui bahwa tidak ada perbedaan anlara konlraktor Swasta dan BUMN. Parametrik dipakai untuk mencari hubungan anlara variabel behas dan variabel terikat. Dan yang terakhir dengan menggunakan simulasi Monte Carlo dimana variabeI babas yang terpilih akan dikembangkan sampai 3000 trial untuk mengetahui keadaan perusahaan dan melakukan tindakan koreksi.
Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa faktor yang sangat menentukan unluk peningkatan kinerja dan memiliki kontribusi terbesar adalah dari "Standar kualitas yang diterapkan berkaitan dengan demosi". Artinya setiap individu dalam perusahaan dipacu untuk bckerja secara optimal, bertanggung jawab, dan loyal terhadap perusahaan. Hal ini menjadi kunci dalam MSDM untuk keberhasilan bagi perusahaan.

Human Resources ('HR) is the most important in the company. On another side HR in the construction firm is "weak" because of the lowness of education level and in professionalism. So that the construction, firm can't compete with the firm.fronr aboard.
The research would be analysis for determine the .factor witch most influence in order to increase perfirryurrnce to HRM activities in the firm. The performance firm is financial, Internal Business, customer and Learning and Growth.
The research use a method of survey to construction firm, to spread the Questions also interview with the respondent. The research using analysis non Parametric and Parametric: statistic method. The result of non parametric method describe that there is now difference between BUMN and Private sector. Parametric is used to find the relationship between independent and dependent variable. Monte Carlo simulation is use to develop the clepenclerrt variable until 3000 trial to predict the firms condition and need corrective action.
Bused on the result analysis it is obtained that the most variable factor to increase the performance and the most significant contribution is "Quality standard in application with demotion". It means that each individual in the firm to force to work optimal, responsible. and loyal to the comprmry. It is the key in HRM for success of the company.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14978a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14978
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 101 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Univeristas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14978 15-19-430419184 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98554