:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi ekspor coklat Indonesia periode 1990-2003

Turnip, Pantas; Suahasil Nazara, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Tesis ini merupakan studi ekspor coklat Indonesia ke luar negeri membahas faktor-faktor yang terkait dengan volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri. Faktor-faktor yang dilibatkan adalah : Produksi Coklat Dalam Negeri, Produksi Coklat Dalam Negeri Kuartal Sebelumnya, Harga Ekspor Coklat Indonesia, Harga Ekspor Coklat Indonesia Kuartal Sebelumnya, Harga Valuta Asing, dan Harga Valuta Asing Kuartal Sebelumnya, terhadap : Volume Ekspor Coklat Indonesia ke Luar Negeri. Beberapa data ditampilkan dalam bentuk tabel dan dibahas secara tersendiri.
Analisis Kualitatif, digunakan terhadap beberapa buah tabel data, dan analisis Kuantitatif (uji F, uji t, analisis korelasi dan analisis regresi) untuk melihat hubungan antar variable. Pendekatan Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dari faktor-faktor terhadap volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri. Pendekatan Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial (sendiri-sendiri) dari masing-masing faktor terhadap volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri. Pendekatan analisis korelasi digunakan untuk melihat keeratan hubungan antara masing-masing faktor terhadap volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri. Dan pendekatan analisis koefisien regresi digunakan untuk melihat besarnya tingkat perubahan dari volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri apabila terjadi suatu perubahan pada faktor-faktor.
Hasil analisis menunjukkan bahwa areal tanaman coklat tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera hingga MalukulPapua. Sama halnya dengan luas areal, produksi coklat dalam negeri juga menunjukkan trend yang semakin meningkat. Volume ekspor, walau berfluktuasi namun ada kecenderungan yang meningkat dari waktu ke waktu. Dan hasil studi juga diperoleh suatu keadaan dimana harga ekspor coklat yang diterima oleh para eksportir umumnya di bawah harga standar, akibat rendahnya mutu coklat yang diekspor. Produksi coklat dalam negeri dan harga valuta asing kuartal sebelumnya (dolar AS) berpengaruh positif terhadap volume ekspor coklat Indonesia, sedangkan produksi coklat dalam negeri kuartal sebelumnya dan harga ekspor coklat Indonesia kuartal sebelumnya berpengaruh negatif terhadap volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri.
Untuk meningkatan volume ekspor coklat Indonesia ke luar negeri, perlu ditingkatkan produksi dalam negeri melalui perluasan areal tanaman coklat, peningkatan mutu coklat sehingga memenuhi standar intemasional melalui penanganan hama buah coklat (Conophomorpha cramerella) secara terpadu, kebijakan pemerintah yang berpihak kepada petanileksportir dan pencarian pasar baru yang menjadi negara tujuan ekspor.

 File Digital: 9

Shelf
 T 18871 - Studi eksport--Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Metodologi.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Lampiran.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport--HA.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Literatur.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Analisis.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport--Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 18871 - Studi eksport---Abstrak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T 18871
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 136 hlm; il., 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 18871 15-19-431640511 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 99088