:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Budaya beri-memberi pada keluarga perekonomian kelas menengah

Roberto Masami Prabowo; Tobing, Ekayani R.M.L., supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Tema dari tesis ini adalah budaya beri-memberi yang berdasarkan fenomena berkurangnya praktek budaya beri-memberi yang terjadi pada tahun 1990-an sampai sekarang Masyarakat perekonomian kelas menengah menjadi salah satu subjek untuk meneliti permasalahan ini, sebab sebagian besarnya masyarakat di Jepang perekonomiannya kelas menengak
Penulis menjelaskan permasalahan berkurangnya praktek budaya beri-memberi pada keluarga perekonomian kelas menengah ini dengan metode deskriptif dan kualitatif.
Penulis menggunakan teori Robert Tamura sebagai teori utama untuk menjelaskan faktor perekomian negara dapat mempengaruhi psikologi seseorang atau masyarakat dan dampak dari hal tersebut bisa mempengaruhi kebudayaan negara tersebut. Sebagai teori pendukung, penulis menggunakan teori Minami Hiroshi untuk meneliti permasalahan yang terjadi di Jepang.
Tujuan dari penelitian ini menjelaskan fenomena perubahan berimemberi di Jepang. Berdasarkan teori Robert Tamura yang menjelaskan bahwa perubahan kebudayaan bisa terjadi karena faktor psikologi seseorang atau masyarakat dan hal ini berawal dari perubahan perekonomian negara tersebut.
Hasil dari penelitian ini telah menghasilkan sebuah tesis yang menjelaskan bahwa pandangan hidup rnasyarakat Jepang pada umumnya menganut paham individualisme Barat. Hal ini sebabkan karena kebudayaan Jepang telah bercampur dengan kebudayaan Barat sejak zaman Meiji. Individualisme Barat yang berdasarkan konsep kojinshugi atau individualism yang akhirnya menjadi karakter pribadi yang sudah menjadi sebagian besar kehidupan orang Jepang dewasa ini.

 File Digital: 1

Shelf
 T 15204-Budaya beri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T15204
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15204 15-19-190423414 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 99767