:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan Desain Interaksi Fitur Personal Financial Management (PFM) Pada Omnichannel Berbasis Web PT Bank Negara Indonesia Melalui Pendekatan User-Centered Design = Interaction Design Development of Personal Financial Management (PFM) Features on Web-Based Omnichannel PT Bank Negara Indonesia Through User-Centered Design Approach

Ayila Adzkiya Sucahyo; Syanne Limarwan; Wulan Febyazzahra Putri; Harry Budi Santoso, supervisor; Panca Oktavia Hadi Putra, examiner; Bobby Achirul Awal Nazief, examiner (fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Personal Financial Management (PFM) merupakan suatu konsep bagaimana seseorang dapat mengelola keuangan pribadi seperti mengatur pemasukan, pengeluaran, dan tabungan. Terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pengelolaan keuangan pribadi membuat PT Bank Negara Indonesia berinovasi untuk mengimplementasikan PFM pada omnichannel. Omnichannel merupakan platform digital banking yang sedang dikembangkan oleh PT Bank Negara Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pendorong dilakukannya penelitian untuk mendapatkan tujuan dan kebutuhan pengguna terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Hasil analisis kebutuhan pengguna menghasilkan solusi desain untuk fitur PFM. Penelitian ini merupakan mixed methods research, yaitu penelitian yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara daring dan metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring. Pendekatan pengembangan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD) yang menghasilkan rancangan desain fitur PFM berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selanjutnya, usability dari rancangan desain tersebut dievaluasi melalui tahap remote usability testing dan expert review. Hasil evaluasi kuantitatif dari tahap remote usability testing menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan tugas sebesar 86,57%. Selain itu, hasil evaluasi kualitatif menunjukkan beberapa umpan balik positif dan juga saran sebagai pertimbangan rekomendasi perbaikan desain lebih lanjut.

Personal Financial Management (PFM) is a concept of managing personal finances, such as income, expenses, and savings. The increasing Indonesian public awareness of personal financial management has prompted PT Bank Negara Indonesia to innovate to implement PFM on the omnichannel. Omnichannel is a digital banking platform that PT Bank Negara Indonesia is developing. This has become one of the motivations for researching to obtain the goals and needs of users for personal financial management. The results of the user requirements analysis produce alternative design solutions for PFM features. This research is a mixed methods research, namely research that combines qualitative and quantitative methods. The qualitative method is carried out by conducting online interviews and the quantitative method is carried out by distributing online questionnaires. The design development approach used in this study is User-Centered Design (UCD) which produces web-based PFM feature designs that suit user needs. Consequently, the design's usability goes through the remote usability testing and expert review stage. The quantitative evaluation results of the remote usability testing stage show an average task success rate of 86.57%. In addition, the qualitative evaluation results showed some positive feedback and suggestions for consideration of recommendations for further design improvements.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ayila Adzkiya Sucahyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xxiii, 150 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-12313816 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516084