:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Mempertahankan Daya Saing Angkatan Kerja di Indonesia: Mengurangi Kesenjangan Keterampilan Melalui Reformasi Pendidikan = Sustaining Indonesia's Labor Force Competitiveness: Reducing Skills Gap Through Educational Reform

Bayu Laksmana Heruputra; (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pendidikan selalu disebut menjadi tiket dari masa depan yang lebih besar. Di negara-negara berkembang, pendidikan telah menjadi harapan bangsa-bangsa untuk berkembang lebih baik dan menjadi lebih makmur. Namun, sistem pendidikan harus hati-hati dibuat dan dirancang dengan baik untuk memenuhi tuntutan industri. Karena menyediakan pendidikan tanpa keterampilan yang dibutuhkan akan menciptakan fenomena kesenjangan keterampilan di mana siswa tidak dilengkapi dengan keterampilan yang diperlukan bahwa majikan mencari. Untuk lebih fokus, tiga jenis keterampilan telah dipilih untuk membantu pembaca memahami lebih lanjut tentang keterampilan apa yang dianggap penting. Ini termasuk: keterampilan kognitif, non-kognitif dan teknis atau khusus. Oleh karena itu, tesis ini akan membahas masalah kesenjangan keterampilan di Indonesia. Selain itu, celah dari sistem pendidikan di Indonesia akan dianalisis untuk mencari tahu apa yang dapat ditingkatkan dari sistem saat ini. Kerangka Kualifikasi The Indonesia yang dapat digunakan sebagai pengukuran kualitas sumber daya manusia di negara itu juga akan segera dibahas. Di samping itu, jenis tertentu dari keterampilan yang telah kesenjangan tertinggi akan dianalisis dalam hasil. Karena itu, pertanyaan penelitian yang akan menjadi dasar dari tesis ini adalah “Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan sehingga kesenjangan keterampilan negara dapat dikurangi?”

Education has always been referred to be the ticket of a greater future. In emerging countries, education has become the hope of the nations to develop better and become more prosper. However, an education system must be carefully crafted and properly designed to meet the demands of the industry. Because providing education without the needed skills will create the phenomenon of skills gap in which the students are not equipped with the required skills that the employer is looking for. To focus more, three types of skills have been chosen to help the reader understand more about what skills are considered to be important. These include: cognitive, non-cognitive and technical or specific skills. Therefore, this thesis will discuss the issue of skills gap in Indonesia. Moreover, the loophole of Indonesian education system will be analyzed in order to find out what can be improved from the current system. The Indonesian Qualification Framework which can be used as a measurement of the country’s human capital quality will also be shortly discussed. Next to that, specific type of skills which have the highest gap will be analyzed in the result. Having said that, the research question which will be the foundation of this thesis is “How can Indonesia’s educational system be improved so that the country’s skills gap can be reduced?”

 File Digital: 1

Shelf
 S-Bayu Laksmana Heruputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 42 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-87867503 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516106