:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Perbandingan Biaya Studi Program Magister di Luar Negeri Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19 = Comparison Analysis on Study Fee for Studying in Master Degree Overseas Before and After COVID-19 Pandemic

Richard Famson; Sarini Abdullah, supervisor; Fevi Novkaniza, examiner; Ida Fithriani, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 karena CoronaVirus yang pertama kali muncul di Wuhan, China. Pandemi ini sudah berlangsung sejak 2020 awal dan berlanjut hingga skripsi ini dibentuk (Juni 2022). Banyak kehidupan yang berubah semenjak pandemi ini berlangsung diantaranya adalah berubahnya pola pembelajaran. Dari yang sebelum pandemi pembelajaran dilaksanakan di dalam ruang kelas, dan saat pandemi pembelajaran dilaksanakan secara daring/online. Penelitian ini akan membahas apakah terdapat pengaruh pandemi Covid-19 ini terhadap biaya untuk menjalani studi S2 di luar negeri. Kemudian, akan dilakukan pemetaan untuk tiap negara berdasarkan kelompok yang terbentuk dari teknik clustering. Adapun komponen harga yang digunakan adalah biaya spp atau tuition fee per tahun, biaya pembuatan visa pelajar, biaya transportasi satu arah, biaya sewa tempat tinggal per tahun, biaya hidup per tahun, dan total biaya studi S2 yang merupakan penjumlahan ke 5 komponen sebelumnya dengan memperhatikan waktu 2 tahun. Teknik yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dua populasi dan Clustering K-Means. Sebelumnya, dilakukan terlebih dahulu uji normalitas untuk menentukan uji yang akan dipakai. Didapatkan hasil uji normalitas Kolmogorov Smirnov bahwa data tidak berdistribusi normal, sehingga penelitian akan dilanjutkan menggunakan teknik Wilcoxon signed rank test atau Sign Test. Didapatkan dari hasil uji tiap variabel bahwa keenam komponen harga yang diteliti mengalami perubahan harga yang signifikan dari periode sebelum pandemi ke saat pandemi. Kemudian, dilakukanpen gelompokkan dengan teknik K-Means Clustering dan dibentuklah peta dunia dari hasil pengelompokkan sebelumnya.

The world is on Covid-19 pandemic that are caused is CoronaVirus that first appeared in Wuhan, China. This pandemic has been going since early 2020 and continuing till now (June 2022). There are so many lifestyle changes since this pandemic happened, like study environment alteration. From attending classes before pandemic, to attending online classes when pandemic. This research will examine if Covid-19 pandemic affects master degree study costs outside of Indonesia. Then, a map will be made from K-Means Clustering method results. The price components that are used in this research are tuition fee per year, cost of making student visa, one way transportation cost, living cost per year, rent fee per year, and total cost for master study which is the sum of the 5 components before for 2 years duration. The technique that will be used on this research are population difference test. Before doing it, we need to do a normality test first to determine what test will be used. Obtained from Kolmogorov Smirnov test that the data are not normally distributed, hence this research will be continued using Wilcoxon Signed rank test or Sign Test. Acquired from the test that all six cost components change significantly from before pandemic period to in pandemic period. After that, K-Means clustering method will be done and the result will be used for making the map.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Richard Famson.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xiv, 83 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-79197951 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516195