:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Prototipe Program Talkshow pada Kanal Youtube Tempo Bertema Edukasi Kesehatan Mental “Support System” = Prototype of Talkshow Program on Tempo's Youtube Channel Themed Mental Health Education "Support System"

Hafsah Chairunnisa; Ardhanareswari Avianti Handoko Putri, supervisor; Rosy Tri Pagiwati, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Akses terhadap informasi dan kajian tentang kesehatan mental masih terbilang terbatas di Indonesia. Hal ini karena masih adanya stigma buruk terkait kesehatan mental dan diskriminasi pada orang-orang yang memiliki gangguan jiwa atau masalah mental. Stigma negatif yang muncul di masyarakat mengenai gangguan jiwa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang gangguan mental, Hal ini juga mempengaruhi tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap isu kesehatan mental di Indonesia. Selain itu layanan edukasi langsung lewat psikolog ataupun psikiatri juga masih sangat kurang dan masih sangat terbatas.
Akses edukasi ini dapat disebarkan lebih mudah melalui platform video online, hal ini karena peningkatan penggunaan media sosial mencapai 10% di setiap tahunnya dan kini sudah mencapai 58,4% dari total penduduk dunia bahkan pada tahun 2022 sudah mendekati angka 60%. Dapat dikatakan media sosial sudah menjadi bagian hidup dari semua yang memiliki gawai dan memiliki akses internet. Salah satu media sosial yang hampir dimiliki tiap orang adalah YouTube yang merupakan platform tempat menonton atau streaming video secara online.
Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa YouTube sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan sudah menjadi sumber video yang sangat mudah diakses dan digunakan selama kita memiliki perangkat yang mendukung dan juga jangkauan internet, banyak dari media-media cetak yang juga sudah beralih kepada media online dan juga menyebarkan berita-berita informatif melalui Youtube, salah satunya adalah Tempo yang memiliki kanal Youtube pendukung konten bersifat video. Tempo mengamati bahwa gaya hidup konsumen sudah mengarah pada gaya hidup digital. Oleh karena itu Tempo memantapkan strategi memasuki bisnis media digital, yang landasannya telah diimplementasikan sejak 2016 (Laporan Tahunan Tempo.id, 2017).
dikarenakan hal ini, penulis akan membuat proyek karya akhir tentang pembuatan program berbasis edukasi mental pada kanal Youtube Tempo.

Access to information and studies on mental health is still relatively limited in Indonesia. This is because there is still a bad stigma related to mental health and discrimination against people who have mental disorders or mental problems. The negative stigma that arises in society regarding mental disorders is caused by a lack of knowledge about mental disorders. This also affects the level of public awareness and knowledge of mental health issues in Indonesia. In addition, direct educational services through psychologists or psychiatrists are still lacking and very limited.
This access to education can be disseminated more easily through online video platforms, this is because the increase in social media use has reached 10% annually and has now reached 58.4% of the total world population and even in 2022 it will be close to 60%. It can be said that social media has become a part of life for all who have gadgets and have internet access. One of the social media that almost everyone has is YouTube, which is a platform for watching or streaming videos online.
This of course shows that YouTube has become a part of human life and has become a video source that is very easy to access and use as long as we have devices that support it and also internet coverage, many of the print media have also switched to online media and also spreading informative news via Youtube, one of which is Tempo which has a Youtube channel that supports video content. Tempo observes that consumers' lifestyles have led to digital lifestyles. Therefore, Tempo has established a strategy to enter the digital media business, which has been implemented since 2016 (Tempo.id Annual Report, 2017).
because of this, the author will make a final work project about making mental education-based programs on the Tempo Youtube channel.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Hafsah Chairunnisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 52 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-70509621 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516203