:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Tipografi Elemen Hierarki dan Ilustrasi Visual pada Artikel Psikoedukasi terhadap Memori = The Effect of Hierarchy and Visual Illustration in Psychoeducation Article on Memory

Zahra Asyifa Anandari Wibowo; Bertina Sjabadhyni, supervisor; Martina Dwi Mustika, examiner; Siregar, Ermanda Saskia, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Sejumlah aplikasi kesehatan mental diketahui memiliki fitur psikoedukasi berformat teks atau artikel. Namun, pengguna mengeluhkan tipografi artikel psikoedukasi terlalu padat yang menyebabkan kesulitan memroses dan mengingat konten artikel psikoedukasi. Hal tersebut dapat menyebabkan pengguna untuk berhenti menggunakan aplikasi. Tipografi diketahui berpengaruh pada memori individu akan informasi teks, akan tetapi penelitian yang berfokus pada elemen hierarki masih sedikit. Selain itu, diduga interaksi ilustrasi dan tipografi elemen hierarki berpengaruh terhadap memori. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh tipografi elemen hierarki dan ilustrasi terhadap memori. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental dengan desain faktorial 2x2. Partisipan penelitian ini adalah 120 (n = 120) mahasiswa, berusia 17-30 tahun, berbahasa ibu Bahasa Indonesia, dan terbiasa menggunakan smartphone maupun mengakses internet. Penelitian ini menemukan hierarki pada teks berpengaruh positif terhadap memori. Sebaliknya, ilustrasi visual diketahui berpengaruh negatif terhadap memori. Selain itu, diketahui bahwa pengaruh tipografi elemen hierarki terhadap memori dipengaruhi oleh keberadaan ilustrasi. Dari temuan tersebut, peneliti menyarankan untuk memperhatikan penggunaan ilustrasi pada artikel agar ilustrasi tidak berpengaruh secara negatif terhadap kemampuan individu dalam mengingat informasi teks.

Several mental health applications are known to have psychoeducational features in the format of text. However, users complained that the typography of psychoeducational articles is too dense, which causes difficulty in processing and remembering. This can cause the user to stop using the application. Typography is known to affect individual memory of text, but the research that focuses on text hierarchy is still few. In addition, it is suspected that the interaction of illustrations and typography text hierarchy affects memory. Therefore, this study aimed to determine the effect of typography text hierarchy and illustrations on memory. The research method used is quantitative experimental with a 2x2 factorial design. The participants in this study were 120 (n = 120) university students aged 17-30 years, who’s native in Bahasa Indonesia, and able to use smartphones and the internet. This study found that text hierarchy improves memory. On the contrary, illustration was found to negatively affect memory. Moreover, it was found that the influence of typography text hierarchy on memory is affected by illustration. Based on these findings, it is suggested to pay attention to the use of illustrations in articles, so that it won’t negatively affect one’s ability to remember text.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Zahra Asyifa Anandari Wibowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xi, 57 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-29766097 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516306