:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Adaptasi Pengendalian Mobilitas Penduduk Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Konsep Ketahanan Nasional = Adaptation to Controlling Indonesian Population Mobility During the COVID-19 Pandemic viewed in the National Resilience's Concepts

Aditya Romadhon; Margaretha Hanita, supervisor; Broto Wardoyo, supervisor; Sidratahta, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Indonesia sebagai sebuah Negara yang berada di kawasan strategis dan berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia perlu untuk memanfaatkan dan juga menjadikan aspek-aspek geografis sebagai sebuah landasan dalam membuat kebijakan atau menyusun suatu perencanaan atau strategi yang akan diterapkan. Untuk merencanakan suatu kebijakan atau penyusunan strategi nasional, dikenal beberapa istilah seperti geopolitik Permasalahan yang sangat serius dihadapi oleh Indonesia saat ini adalah perang menghadapi virus covid-19 yang menghantui Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menangani pandemi ini, pemerintah sudah banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang ditujukan untuk dapat bisa mengendalikan pandemi. Salah satunya mengenai mobilitas penduduk di masa pandemi menjadi sebuah titik sentral dalam hal penyebaran virus dan hal ini kemudian berubah seiring kebijakan atau strategi yang sudah disusun.masyarakat kemudian beradaptasi dan maka dari itu bagaimanakah hasil dari pengendalian mobilitas ini memiliki implikasi terhadap ketahanan nasional. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis bagaimana adaptasi pengendalian mobilitas penduduk Indonesia di masa pandemi Riset ini termasuk ke dalam penelitian yang menggunakan metode penelitian tipe studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan bahwa pelaksanaan pengendalian mobilitas yang diwujudkan melalui PSBB dan PPKM berhasil diadaptasikan dan berperan dalam upaya pemerintah dalam mengendalikan persebaran virus dan pengendalian pandemic di Indonesia. Walaupun tidak signifikan dan banyak masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya, PSBB dan PPKM berhasil dilaksanakan dan masyarakat juga berhasil beradaptasi selama proses pelaksanaannya. Dengan mengendalikan mobilitas penduduk yang mana pergerakan penduduk sangat dibatasi dan juga dikontrol dengan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka akan memperkecil peluang penyebaran virus yang lebih luas daripada yang sebelumnya sehingga dengan ini pun Ketahanan Nasional Indonesia juga tidak berada dalam kondisi dibayang-bayangi oleh Ancaman Instabilitas Nasional.

Indonesia, as a country that is in a strategic area,  needs to take advantage of and also make its geographical conditions a basis for making policies or formulating a plan or strategy to be implemented. To plan a policy or develop a national strategy, several terms are known, such as geopolitics. A very serious problem faced by Indonesia at this time is the war against the COVID-19 virus, which is haunting the Unitary State of the Republic of Indonesia. In dealing with this pandemic, the government has issued many policies aimed at being able to control it. One of them is regarding population mobility during a pandemic, which becomes a central point in terms of the spread of the virus, and this then changes along with the policies or strategies that have been prepared. The community then adapts, and the results of controlling this mobility have implications for national resilience. This study intends to analyze how the adaptation will control the mobility of the Indonesian population during the pandemic. This research is included in research that uses a literature study-type research method. Based on the research results, it was found that the implementation of mobility control realized through PSBB and PPKM was successfully adapted and played a role in the government's efforts to control the spread of the virus and control the pandemic in Indonesia. Even though they were not significant and faced many problems in their implementation, the PSBB and PPKM were successfully implemented, and the community also managed to adapt during the implementation process. By controlling the mobility of the population, where the movement of the population is very limited and also controlled by regulations issued by the government, it will minimize the opportunity for the spread of the virus to be wider than before, so that with this, Indonesia's national defense is also not overshadowed by the threat of national instability.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Aditya Romadhon.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xii, 140 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-70675030 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920516693