:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Implikasi Mind Map dalam Penyusunan Argumen pada Penulisan Teks Argumentatif = The Implication of Mind Map in Constructing Argument in Argumentative Text Writing

Eva Rosita; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Sonya Puspasari Suganda, examiner; Harni Kartika Ningsih, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Tantangan pada penulisan teks argumentatif yang dihadapi pelajar kelas XI salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Cibubur terletak pada kemampuan menyusun dan mengembangkan gagasan. Maka, kendala tersebut diatasi melalui studi eksperimental menggunakan metode campuran dengan menerapkan prewriting berbentuk mind map. Hasil penelitian berupa perbandingan nilai pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan Nonparametric-Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil yang signifikan pada experimental group dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0.003<0.05. Partisipan kemudian mengungkapkan persepsinya terhadap penggunaan mind map melalui kuesioner dan wawancara yang dianalisis menggunakan software Nvivo 12 dengan teknik In Vivo coding. Dari hasil analisis, diketahui bahwa kata kunci, warna, dan cabang merupakan komponen mind map yang paling berdampak pada eksplorasi konten, struktur teks, kemudahan dan minat menulis, efisiensi waktu, serta keterampilan berpikir. Meskipun demikian, terdapat 3 orang partisipan yang mengungkapkan bahwa mereka tidak merasakan perkembangan karena penyebab tertentu. Signifikansi hasil penelitian dan persepsi yang mayoritas positif menyiratkan bahwa mind map merupakan strategi yang cocok untuk mengembangkan gagasan pada penulisan teks argumentatif. Maka, pada penelitian selanjutnya, menarik untuk melihat fungsi mind map pada komunitas belajar yang lebih besar dan menggabungkannya dengan strategi lain untuk mengoptimalkan hasil belajar.

The ability to compose and develop ideas in argumentative writing was a challenge for grade XI students at one of Cibubur’s private high schools. Therefore, a mixed method experimental study was implemented to determine the effectiveness of mind map as a prewriting strategy to improve the student’s ability. The result of the study was presented by the comparison of pre-test and post-test scores which were analyzed using Nonparametric-Wilcoxon Signed Rank Test. A significant value was found in the experimental group with Asymp (two-tailed) Sig. = 0.003<0.05. The participants also expressed their perception of the mind map’s feature through a questionnaire and interview. According to the data which were analyzed using Nvivo 12 with In Vivo coding, the mind map elements with the greatest influence on content exploration, text structure, ease and interest in writing, time efficiency, and thinking skills were keywords, colors, and branches. Nevertheless, 3 participants said they didn’t make any progress for several reasons. The significant findings and the vast majority of positive opinions indicated that the mind map was an effective strategy for developing ideas in argumentative writing. In further research, it would be interesting to explore how it fits into the larger learning community by combining it with other methods to improve learning outcomes.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Eva Rosita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 45 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-55133722 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920518513