:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penggunaan Program Grammarly Dan Kegiatan Noticing Untuk Mengevaluasi Keterampilan Menulis Tulisan Akademik Mahasiswa = The Use of Grammarly and Noticing Activity to Evaluate Students Academic Writing Skill

Sarah Aslamiyah; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Lea Santiar, examiner; Haru Deliana Dewi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing untuk mengevaluasi tulisan akademik mahasiswa. Selain itu, persepsi pemelajar juga diteliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi yang mereka miliki terkait penggabungan penggunaan corrective feedback dari Grammarly dengan kegiatan noticing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah akurasi tata bahasa dalam tulisan akademik dalam bahasa Inggris di tingkat mahasiswa yang masih banyak terjadi. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mixed method dengan desain penelitian kuantitatif quasi-experimental untuk menganalis hasil tulisan mahasiswa dan desain kualitatif untuk menganalisis dan menjabarkan hasil dari kuesioner. Data penelitian ini adalah tulisan mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan bahasa Inggris sebuah universitas swasta di Sidoarjo, dan hasil pengisian kuesioner tentang persepsi mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai post-test baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Meskipun demikian, melalui uji t-test diketahui bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini sejalan dengan adanya penurunan yang signifikan pada kesalahan tata bahasa dalam tulisan akademik pemelajar di kelas eksperimen. Ini membuktikan bahwa penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing berhasil dalam menurunkan kesalahan tata bahasa pada tulisan akademik pemelajar. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan penggunaan Grammarly dan kegiatan noticing dapat diterapkan pada pengajaran keterampilan menulis di kelas. Hal ini untuk membantu pembelajar dalam mengevaluasi tulisan pemelajar. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengintegrasikan kegiatan noticing dengan aplikasi grammar checker lainnya yang tersedia di internet agar dapat dibandingkan keefektifitasannya dengan penggunaan Grammarly dalam mengajar keterampilan menulis.

The aim of the research is to investigate the effectiveness of direct corrective feedback in Grammarly which was combined with noticing activities to evaluate the accuracy of students’ academic writing. In addition, students’ perception was also studied to get a better understanding of the students’ perception for the combined use of noticing activity and Grammarly in the classroom. This study was carried out because of the accuracy problem in applying grammatical rules when students write an academic paper. This research used mixed methods with a quantitative method to analyse the results of students’ writing from experimental-research-design and a qualitative method to analyse and describe the result of the questionnaire. The data taken for this research is the writing of the students in the 4th semester from the department of English Education in a private university in Sidoarjo, and the result of the questionnaire on students’ perception. The results of the research indicated that there was an increment of students’ post-test mean scores in both experimental and control classes. However, through the t-test, the post- test mean score of the experimental class is higher than the post-test mean score the of control class. Moreover, it was revealed that there was a significant reduction of grammatical errors in the students’ papers both during the daily tasks and during the post-test. The result from the questionnaire also showed that the students found it helpful for having noticing activities after using Grammarly to evaluate the grammatical errors in their writing. Therefore, it is expected that the combined use of Grammarly and noticing activities can be implemented to improve and evaluate the accuracy of students’ academic writing. For further research, integrating noticing activities with other grammatical checkers available on the Internet is necessary to be conducted. Then, we can compare the effectiveness of the use of Grammarly in teaching writing.

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 67 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-83920713 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920518768