:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Analisis penyebab keterlambatan pengembalian buku di layanan sirkulasi

Etyana (Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022)

 Abstrak

Pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keterlambatanpengembalian buku di UPT Perpustakaan USK. Penelitian ini diperlukan sebagai acuan evaluasi perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan pengembalian dan sebagai wujud continuesimprovement pada layanan sirkulasi perpustakaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir keterlambatan pengembalian buku oleh pemustaka dan meningkatkan kedisiplinan dan kualitaslayanan sirkulasi perpustakaan. Metode Penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan ialah survei. Populasi dalam penelitian ini ialah jumlah pemustaka yang terlambat mengembalikan buku tahun2017 berjumlah 6.101 orang, jumlah sampel ditetapkan berdasarkan dari rumus slovin 375 sampel, namun yang terkembali utuh yaitu sebanyak 373 kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakaninstrumen dengan mengedarkan kuesioner yang berisi 5 pertanyaan. Teknik analisis data padapenelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan hasil survei, rata-rata penyebab keterlambatan pengembalianbuku ialah karena lupa dengan 227 responden (60,9%), pilihan jawaban tidak mau mengembalikanbuku tepat waktu karena masih membutuhkan koleksi tersebut adalah sebanyak 78 orang (20,9%). Penyebab ketiga responden memilih alasan lainnya sebanyak 26 orang (7%), alasan karena bukudipinjam teman sebanyak 21 orang (5,6%). Responden yang memilih karena kehilangan strukpeminjaman sebanyak 13 orang (3,5), sedangkan yang menyatakan bahwa koleksi hilang dan baruditemukan sebanyak 5 orang (1,3%), pemustaka yang menyatakan tidak sempat mengembalian bukusebanyak 3 orang (0,8%). Rata-rata jawaban yang mendominasi, pemustaka lupa mengembalikanbuku sesuai dengan jadwal sehingga terlambat dan terkena sanksi denda. Kesimpulan. Penyebab pemustaka sering terlambat mengembalikan buku ialah lupa, dalammenindaklanjuti hasil tersebut perpustakaan dapat menimalisir penyebab keterlambatan denganmemanfaatkan pengembangan UILIS mobile, dengan menambahkan notifikasi sebelum jatuh tempominimal satu hari sebelumnya agar pemustaka lebih disiplin dan tidak terlambat mengembalikan buku.

 Metadata

No. Panggil : 020 VIS 24:1 (2022)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14112256
Majalah/Jurnal : Visipustaka
Volume : Vol. 24, No. 1, April 2022: Hal. 71-80
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.37014/visipustaka.v24i1.2901
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
020 VIS 24:1 (2022) 08-23-17435146 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920520569