Strategi Social Presence Dalam Komunikasi Pemasaran Melalui Tiktok Live Streaming Commerce (Studi Obat Herbal Bio Insuleaf) = Social Presence Strategy in Marketing Communication Through Tiktok Live Streaming Commerce (Study of Bio Insuleaf Herbal Medicine)
Muchammad Fahmy Septiaddy;
Kussusanti, supervisor; Effy Zalfiana Rusfian, examiner; A.G. Sudibyo, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)
|
Perkembangan lanskap digital mendorong terjadinya perubahan massif diberbagaiaspek kehidupan manusia khusus perilaku konsumsi. Hal ini mendorong banyak usahamasuk kedalam lanskap digital dengan pendekatan yang berbeda dalammengkomunikasikan produk yang dijual. Keberadaan pandemic Covid-19 mendorongbanyak masyarakat mulai menggunakan platform perdagangan elektronik seperti tiktoklive dalam pemenuhan kebutuhannya salah satunya adalah suplemen Kesehatan sepertiobat herbal. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam lanskap komunikasi digital diperlukandalam mengkomunikasikan produk obat herbal tersebut kepada para pembeli. Salah satubentuk strategi komunikasi digital itu adalah melalui Social Presence, dimana para penjualmemberikan rasa kehadiran bagi para pembelinya dalam mengkomunikasikan produk obatherbal yang diperjual-belikan. Penulisan ini akan berfokus pada pembentukkan strategikomunikasi Social Presence dalam komunikasi yang termediasi oleh komputer, yang salahsatunya terlihat dalam transaksi jual-beli obat herbal dalam aplikasi tiktok live. Penulisanini bertujuan untuk untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran social presencedalam live commercial shopping produk obat herbal bio insuleaf. Teori kehadiran(Presence theory) menunjukkan bahwa ketika orang merasakan kehadiran yang kuat dilingkungan atau situasi tertentu (dalam hal ini lingkungan virtual), mereka lebih mungkinuntuk terlibat dan dipengaruhi oleh lingkungan atau situasi itu (dalam hal ini adalah livecommercial shopping). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, denganparadigma penelitian deskriptif untuk menjelaskan dan menganalisis kasus yang munculyaitu penjual-belian obat herbal melalui tiktok live. The development of the digital landscape encourages massive changes in various aspectsof human life, especially consumption behavior. This has driven many businesses into thedigital landscape with different approaches to communicating the commodities they sell.The existence of the Covid-19 pandemic has encouraged many people to start usingelectronic trading platforms such as tiktok live to fulfill their needs, one of which is healthsupplements such as herbal medicines. Integrated Marketing Communications in thedigital communication landscape is needed in communicating these herbal medicinalproducts to buyers. One form of digital communication strategy is through social presence,where sellers provide a sense of presence for their buyers in communicating the herbalmedicinal commodities being traded. This paper will focus on establishing acommunication strategy for social presence in computer-mediated communication, one ofwhich can be seen in the buying and selling of herbal medicines in the tiktok liveapplication. This writing aims to analyze the social presence marketing communicationstrategy in live commercial shopping for bio insuleaf herbal medicinal commodities.Presence theory suggests that when people feel a strong presence in a particularenvironment or situation (in this case a virtual environment), they are more likely to beinvolved in and influenced by that environment or situation (in this case is live commercialshopping). This study uses a qualitative approach, with a descriptive research paradigm toexplain and analyze cases that arise, namely the sale and purchase of herbal medicinesthrough live tiktok. |
T-Muchammad Fahmy Septiaddy.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 133 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-pdf | 15-23-79113907 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523047 |