:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penggunaan Konsep Indo-Pasifik oleh Australia = The Use of the Indo-Pacific Concept by Australia

hapus4; Evi Fitriani, supervisor; Ristian Atriandi Supriyanto, examiner; Yandry Kurniawan, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Peningkatan perhatian pada kawasan Asia memicu upaya tata kelola kawasan melalui konsep Indo-Pasifik. Di dalam diskursus Indo-Pasifik, Australia memiliki peran, status, dan kepentingan yang unik dan mendorongnya untuk mempromosikan konsep tersebut. Tinjauan literatur ini membahas dinamika interpretasi literatur akademik terhadap konsep Indo-Pasifik yang digunakan oleh Australia. Dengan metode taksonomi, tinjauan literatur ini mengidentifikasi interpretasi literatur akademik terhadap konsep Indo-Pasifik yang digunakan oleh Australia dapat dipetakan ke dalam tiga kelompok: interpretasi konsep Indo-Pasifik sebagai identitas Australia, sebagai strategi geopolitik Australia, dan sebagai pengaruh kebijakan investasi asing Australia. Tinjauan literatur ini menemukan bahwa konsep Indo-Pasifik yang digunakan oleh Australia paling banyak dibahas dalam literatur akademik sebagai penggambaran identitas Australia. Dalam pembahasannya, terdapat ragam pandangan yang bersifat Australia-sentris dan yang menolak sentralitas Australia dalam diskursus Indo-Pasifik. Tinjauan literatur ini juga menunjukkan bahwa Australia merupakan salah satu kekuatan di Indo-Pasifik dan telah mendapat perhatian dari akademisi dengan ragam interpretasinya. Tinjauan literatur ini melihat bahwa masih terdapat kekurangan dalam analisis efektivitas peran dan keterlibatan Australia di Indo-Pasifik serta kecenderungan literatur akademik untuk fokus pada aspek strategis dari konsep Indo-Pasifik. Dengan demikian, melalui tinjauan literatur yang telah dilakukan, tulisan ini dapat meningkatkan wawasan untuk penelitian lanjutan mengenai perkembangan konsep Indo-Pasifik serta analisis kebijakan luar negeri Australia.

The increasing attention towards the Asian region has triggered efforts for regional governance through the Indo-Pacific concept. In developing the Indo-Pacific concept, Australia shows its unique role, status, and interest by actively promoting it. This literature review discusses academic interpretations of the Indo-Pacific concept used by Australia to enrich knowledge about the dynamics of the Indo-Pacific discourse and how Australia navigates the concept. Through the taxonomy method, this literature review identifies three common interpretations: the Indo-Pacific concept as Australia's identity, the Indo-Pacific concept as Australia's geopolitical strategy, and the Indo-Pacific concept as an influence on Australia's foreign investment policy. Through the conducted study, this review demonstrates that Australia is one of the powers in the Indo-Pacific and has attracted academic attention with diverse interpretations. This review finds that some literature shows Australia-centric views within the discussion, while others reject Australia's centrality in the Indo-Pacific. This literature review then argues that there still needs to be more examinations on the effectiveness of Australia's role and engagement in the Indo-Pacific alongside the economic aspects of the Indo-Pacific concept. Based on the literature reviewed, this paper can enhance insights for further research on the Indo-Pacific concept and the analysis of Australia's foreign policies.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Eugenia Marjorie Tambunan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 53 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-44332263 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523095