:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tren Penelitian pada Tesis Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB UI Tahun 2018-2022 = Research Trends of Masters Theses in the Library Science Major Universitas Indonesia in 2018-2022

Najla Dinnur Aisyah; Margareta Aulia Rachman, supervisor; Nina Mayesti, examiner; Indira Irawati, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini menganalisis tesis mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) pada tahun 2018–2022 dengan menggunakan metode bibliometrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian dan kajian bibliometrik pada tesis mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB UI yang ditulis pada tahun 2018–2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode bibliometrik. Tesis yang dianalisis pada penelitian ini, yaitu sebanyak 73 tesis. Komponen tesis yang dianalisis pada penelitian ini adalah subjek atau topik tesis, dosen pembimbing, metode penelitian dan teori yang digunakan, serta pembahasan dari tesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa topik yang menjadi tren pada penelitian tesis adalah manajemen dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan juga pembahasan mengenai perilaku pengguna. Kemudian, hasil kajian bibliometrik yaitu dosen pembimbing yang paling banyak membimbing adalah Dr. Laksmi, S.S., M.A., dengan metode penelitian yang paling banyak digunakan yaitu metode kualitatif, serta kajian teori yang paling banyak digunakan adalah teori model SECI (Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization) milik Nonnaka dan Takeuchi (1995) yang ditemukan dalam lima tesis mahasiswa dengan subjek Ekonomi dan Manajemen dalam Industri Informasi. Temuan penelitian yang menarik adalah jumlah topik penetitian tesis yang beragam dengan penggunaan teori yang juga beragam. Hal ini menunjukkan disiplin ilmu perpustakaan merupakan merupakan ilmu yang interdisiplin.

This study analyzes masters theses from the Library Science major at Universitas Indonesia from 2018 to 2022 using the bibliometrics method. The purpose of this study is to find the trends and the bibliometric analysis of the masters theses. This study uses a quantitative approach with the bibliometrics method. The number of master theses being analysed in this study is 73 theses. Components that are being analyzed in this study are the subjects in the theses, the supervising lecturers, the methods, and theories that they used in the theses. The results of this study indicate that the topic that is becoming a trend in theses research is management in the field of Library Science and user behaviour. And then, the results of the bibliometric study showed that the most active supervising lecturer was Dr. Laksmi, S.S., M.A., the most widely used research method was the qualitative method, and also the most widely used theoretical study was the SECI model (Socialization, Externalization, Combination, and Internationalization) written by Nonnaka and Takeuchi in 1995, this theory was found in five theses with Economics and Management in Information Industry as a subject.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Najla Dinnur Aisyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 25 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-26760413 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523451