:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Performing Gender and Social Navigation of Women in Tech: Case Study of Women in Online Traveling Agencies in Indonesia = Performing Gender dan Navigasi Sosial oleh Perempuan di Tech: Studi Kasus Perempuan di Online Traveling Agencies di Indonesia

Nabila Devonia Alfansi; Ida Ruwaida, supervisor; Pakasi, Diana Teresa, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggarisbawahi bagaimana perempuan dapat mengarahkan karir mereka di industri teknologi yang selalu bergerak, tidak dapat diprediksi, dan bergerak cepat dengan performing gender. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tech adalah industri yang dominasi laki-laki dan terobsesi dengan maskulinitas, menjadikannya lingkungan yang diskriminatif bagi perempuan. Namun, kurangnya penelitian menyelidiki bagaimana perempuan menavigasi karir mereka dalam lingkungan yang dinamis. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengisi kesenjangan dari penelitian sebelumnya dengan melihat bagaimana perempuan bernavigasi di lingkungan teknologi yang bergerak cepat, tidak dapat diprediksi, dan dinamis karena pendekatannya yang gesit, obsesi terhadap skala, pertumbuhan, orientasi keuntungan, dan ketidakstabilan akibat PHK. Studi ini mewawancarai delapan perempuan dari dua perusahaan OTA dengan tiga peran: product manager, designer, dan engineer. Dalam lingkungan teknologi yang selalu berubah ini, perempuan harus mengatasi fluks sosial dan ketidakpastian ini serta menilai dan menyusun strategi untuk maju dalam karier mereka. Dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini berpendapat bahwa perempuan secara sosial mengarahkan karir mereka di bidang teknologi dengan melakukan gender bertahan dan berkembang dalam lingkungan yang dinamis. Dengan demikian, perempuan melakukan feminitas dan maskulinitas. Mereka beralih di antara karakteristik gender biner untuk memainkan performativitas mereka.


This research aims to underscore how women can navigate their careers in the ever-moving, unpredictable, fast-paced tech industry by performing gender. Previous research showed that tech is an industry of male domination and its obsession with masculinity, making it a discriminatory environment for women. However, a lack of research investigated how women navigate their careers in a dynamic environment. Therefore, this research wants to fill the gap of previous research by looking at how women navigate in a fast-paced, unpredictable, dynamic environment in tech because of its agile approach, obsessions with scale, growth, profit orientation, and instability due to layoffs. This study interviewed eight women from two OTA companies across three roles: product managers, designers, and engineers. In this ever-changing tech environment, women must overcome this social flux and uncertainty and assess and strategize to advance in their careers. With the qualitative research method, this study argues that women socially navigate their careers in tech by performing gender survive and thrive in a dynamic environment. In so doing, women perform femininity and masculinity. They switch between the binary gender characteristic to play their performativity.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nabila Devonia Alfansi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 151 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-50994062 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523601