:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Perencanaan Karir dan Keadilan Kompensasi Terhadap Komitmen Keorganisasian (Studi Pada Guru SMA Negeri dan Swasta Di Jakarta) = The Effect of Career Planning and Compensation Justice on Organizational Commitment (Study of Public and Private High School Teachers in Jakarta)

Suci Qhodariyah Alfikary; Pantius Drahen Soeling, supervisor; Fibria Indriati Dwi Liestiawati, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Tenaga pendidik adalah orang yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Adapun salah satu tenaga pendidik yang diakui oleh UU No.20 Tahun 2003 adalah guru. Guru PNS di Jakarta memiliki kompensasi yang tertinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Berbeda dengan kompensasi guru di sekolah negeri atau PNS yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah, guru di sekolah swasta melakukan perjanjian kerja dengan lembaga tempat mengajar untuk menetapkan besaran gaji yang diterima. Meskipun guru negeri dan swasta merupakan profesi yang sama, namun peluang karir keduanya cukup berbeda. Karena perbedaan kompensasi dan rencana karir itu akan dapat dilihat seberapa besar komitmen para guru untuk sekolah tempatnya mengajar. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel, teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah guru sekolah menengah atas (SMA) negeri dan swasta di Jakarta, namun penelitian ini tidak merepresentasikan seluruh guru SMA negeri dan swasta yang ada di Jakarta. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 106 guru yang dimana masing-masing guru negeri dan swasta berjumlah 53 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner online yaitu google form dan analisis data serta pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini bahwa seluruh hubungan yang ada di dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang positif serta signifikan.

Educators are people who participate in organizing education. As for one of the educators who are recognized by UU No. 20 of 2003 is a teacher. PNS teachers in Jakarta have the highest compensation when compared to other regions in Indonesia. In contrast to teacher compensation in public schools or civil servants, which is regulated in government regulations, teachers in private schools enter into work agreements with teaching institutions to determine the amount of salary they receive. Even though public and private teachers are the same profession, their career opportunities are quite different. Because of the difference in compensation and career plans, it will be seen how committed the teachers are to the school where they teach. This type of research used is explanatory with a quantitative approach. In sampling, the technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. The sample criteria in this study were public and private high school (SMA) teachers in Jakarta, but this study did not represent all public and private high school teachers in Jakarta. The number of samples in this study were 106 teachers, each of which was 53 public and private teachers. The instrument used in this study was an online questionnaire, namely the Google form and data analysis and data processing using the SPSS application. The results of this study are that all the relationships in this study have a positive and significant influence.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Suci Qhodariyah Alfikary.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 99 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-06273636 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523615