Pemanfaatan Jaringan Sosial pada Twitter sebagai Gray Market: Studi Kasus Fenomena Jual Beli Akun Premium Netflix = Utilization of Social Network on Twitter as a Gray Market: Case Study of the Phenomenon of Buying and Selling Netflix Premium Accounts
Farahdiba Noor Rachmat;
Ricardi S. Adnan, supervisor; Nadia Yovani, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan pasar abu-abu (gray market) pada digital marketplace yang dibentuk oleh jaringan sosial, melalui fenomena jual beli akun premium Netflix di platform media sosial Twitter. Studi-studi terdahulu melihat bahwa kegiatan gray market hanya sebatas berada pada pasar yang masih bersifat konvensional. Studi-studi lain juga melihat bahwa platform media sosial hanya terbatas sebagai media promosi dan cenderung di dalam media sosial hanya menciptakan online weak ties. Namun, peneliti berargumen bahwa kegiatan gray market sudah berada pada pasar yang berbasis digital dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk bertransaksi pada gray market karena media sosial pada saat ini dapat berfungsi sebagai media jual beli (digital marketplace) yang mana didalamnya juga terdapat online strong ties. Untuk melengkapi argumen peneliti, peneliti menggunakan konsep struktur jaringan sosial yang di dalamnya terdapat tiga unsur yaitu institusi, jaringan sosial dan kerangka kognitif. Konsep tersebut digunakan dengan harapan dapat menjelaskan bagaimana keterbentukan dan mekanisme kegiatan gray market pada digital marketplace khususnya melalui fenomena jual beli akun premium Netflix pada platform media sosial Twitter. This study aims to examine gray market activities in the digital marketplace, through the phenomenon of buying and selling Netflix premium accounts on the Twitter social media platform. Previous studies have shown that gray market activities are typically limited to conventional markets. Other studies have also indicated that social media platforms are primarily used for promotional purposes and tend to only create online weak ties in social media. However, researchers argue that gray market activities already exist in digital-based markets by utilizing social media as a transaction medium in the gray market. This is because social media currently functions as a digital marketplace where strong online ties are also present. To support the researcher's argument, the researcher uses the concept of social network structure in which there are three elements namely institutions, social networks and cognitive frameworks. This concept is utilized with the aim of explaining how gray market activities are formed and operate in the digital marketplace, particularly concerning the buying and selling of Netflix premium accounts on the Twitter social media platform. |
S-Farahdiba Noor Rachmat.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 124 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-24-56086535 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523801 |