:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptasi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Praktikum di Masa Pandemi (Studi Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial di Universitas Indonesia) = Student Adaptation in Practicum Implementation during the Pandemic (Qualitative Study on Social Welfare Students at the University of Indonesia)

Josephine Esther Meira; Lia Djoemeliarasanti Djoekardi, supervisor; Indra Lestari, examiner; Sofyan Cholid, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Kesiapan kerja mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial didapatkan dari mata kuliah Praktikum 1 dan Praktikum 2 yang merupakan experiental learning. Di masa pandemi pelaksanaan praktikum mengalami perubahan-perubahan yang harus diikuti oleh adaptasi mahasiswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adaptasi mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum di masa pandemi di Program Studi Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP UI dan faktor pendukng dan penghambat adaptasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022 hingga Juli 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam secara luring terhadap tiga informan mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia, satu informan koordinator praktikum dimasa pandemi dan satu informan supervisor sekolah yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perubahan yang terjadi pada mata kuliah praktikum adalah dari luring menjadi daring dan hybrid, alokasi waktu praktikum, format laporan mingguan, dan fleksibiltas supervisi. Adaptasi mahasiswa dilakukan di setiap tahapan intervensi sosial dalam pelaksanaan praktikum, yaitu melakukan studi literatur, membangun kerjasama dalam kelompok praktikum, menggunakan bahasa dan tanda baca yang baik dalam ruang chat digital, serta kreatif dalam memanfaatkan teknologi daring. Keberhasilan praktikum didorong juga dengan faktor pendukung lain yaitu kemampuan mahasiswa menggunakan bahasa daerah, kemampuan mengoperasikan alat komunikasi digital, solidaritas kelompok, serta antusiasme mahasiswa. Terungkap pula adanya kendala yang dihadapi yaitu ketidaksiapan lembaga dalam menggunakan alat komunikasi digital, minimnya pengetahuan mahasiswa mengenai lembaga, kesulitan mencari lembaga untuk praktikum daring, serta masalah internal yang dihadapi mahasiswa Hasil penelitian ini diharapkan menambah referensi untuk pelaksanaan praktikum 1 dan 2 dan adaptasi mahasiswa terhadap perubahan yang terjadi di masa pandemi.

The work readiness of Social Welfare Science students is obtained from Practicum 1 and Practicum 2 courses which are experiential learning. During the pandemic, the implementation of practicum has experienced changes that must be followed by student adaptation. The purpose of this study is to describe student adaptation in practicum implementation during the pandemic in the Social Welfare Undergraduate Study Program, FISIP UI and the supporting and obstructing factors of this adaptation. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. This research was conducted from November 2022 to July 2023. Data collection was carried out through in-depth offline interviews with three informants of Social Welfare Science students at the University of Indonesia, one informant of practicum coordinator during the pandemic and one informant of school supervisor selected by purposive sampling. The results revealed that the changes that occurred in the practicum course were from offline to online and hybrid, practicum time allocation, weekly report format, and supervision flexibility. Student adaptation is carried out at each stage of social intervention in practicum implementation, namely conducting literature studies, building teamwork in practicum groups, using clear language and punctuation in digital chat rooms, and being creative in utilizing online technology. The success of practicum was also driven by other supporting factors, namely the ability of students to use local languages, the ability to operate digital communication tools, group solidarity, and student enthusiasm. This also reveals the obstacles faced, namely the unreadiness of institutions to use digital communication tools, the lack of student knowledge about institutions, the difficulty of finding institutions for online practicum, and internal problems faced by students The results of this study are expected to add references to the implementation of practicum 1 and 2 and student adaptation to changes that occur during a pandemic.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Josephine Esther Meira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 109 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-35128343 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524121