:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktik Etika Individu Childfree di Indonesia Sebagai Upaya Keluar dari Kehancuran Moral = The Ethics Practice of Childfree Individuals as an Effort to Get Out of Moral Breakdown

Azzroo Asca Az Zahra; Hestu Prahara, supervisor; Imam Ardhianto, examiner; Rhino Ariefiansyah, examiner; Salfia Rahmawati, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Fenomena childfree telah menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat karena dianggap bertentangan dengan institusi, wacana dan praktik moral di Indonesia. Sikap masyarakat yang buruk terhadap keputusan untuk tidak memiliki anak membuat individu childfree rentan mengalami kehancuran moral. Ini terjadi ketika beberapa peristiwa atau orang mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang dan memaksa mereka untuk secara sadar merenungkan tanggapan etis yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik etika oleh individu childfree sebagai upaya keluar dari kehancuran moral. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan berbagai literatur yang terkait dengan topik kehancuran moral dan etika oleh individu childfree di Indonesia. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa individu childfree yang mengalami kehancuran moral melakukan 5 praktik etika, antara lain: (1) tidak secara terbuka membahas pilihan untuk childfree kepada orang lain; (2) mengabaikan orang-orang yang kontra dengan childfree; (3) bergabung dengan orang-orang atau lingkungan yang menerima childfree; (4) berkomunikasi dengan individu yang kontra dengan childfree; (5) fokus terhadap kehidupan pribadi dan hal-hal positif lainnya.

The childfree phenomenon has raised pros and cons in society because it is considered contrary to institutions, discourse and moral practices in Indonesia. Poor societal attitudes toward the decision not to have children make childfree individuals vulnerable to moral breakdown. It occurs when some event or person interferes with a person's daily life and forces them to consciously contemplate an appropriate ethical response. This study aims to analyze ethical practices by childfree individuals as an effort to get out of moral decay. The research method used in this research is literature study by collecting various literature related to the topic of moral and ethical destruction by childfree individuals in Indonesia. The findings of this study indicate that childfree individuals who experience moral breakdown carry out 5 ethical practices, including: (1) not openly discussing choices for childfree with others; (2) ignoring those who are against childfree; (3) joining people or environments that accept childfree; (4) communicating with individuals who are against childfree; (5) focusing on personal life and other positive things.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Azzroo Asca Az Zahra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 41 pages ; illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-18318325 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524293