:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Arsitektur sebagai simbol identitas diaspora masyarakat Sikh dengan studi kasus Gurdwara Guru Nanak Sikh Temple di Tanjung Priok, Jakarta = Architecture as symbol of Sikh diaspora identity in Sikh Temple Gurdwara Tanjung Priok, Jakarta

Christie Maylinda; Yulia Nurliani Lukito, supervisor; Kemas Ridwan Kurniawan, supervisor; Revianto Budi Santosa, examiner; Ari Widyati Purwantiasning, examiner ([Publisher not identified] , 2023)

 Abstrak

Gurdwara adalah sebuah bangunan keagamaan yang digunakan oleh komunitas Sikh. Sebagai komunitas agama dan diaspora, pembangunan dalam Gurdwara haruslah memiliki nilai simbolis yang berfungsi sebagai identitas mereka. Identitas Gurdwara dapat ditentukan dari penggunaan berbagai ornamen, simbol, dan ruang sakralnya. Pemaknaan simbol dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis makna signifikan dari Simbol. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan identitas dan rasa memiliki komunitas Sikh, serta bagaimana mereka melestarikan ruang sakral untuk ritual ibadahh dan kenangan terhadap negara asal, serta sejarah kehidupan mereka. Perjalanan dalam berjuang bersama untuk menjaga sebuah fenomena arsitektur yang terbangun oleh rasa kepercayaan akan ajaran agama yang dijunjung serta perpaduan unsur kebudayaan negara lain. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif dengan pendekatan ikonologi yang menggunakan metode deskriptif naratif untuk menggambarkan studi kasus yang diangkat. Pada penelitian ini sendiri pengumpulan data akan dilakukan melalui kegiatan pengumpulan arsip dan literatur yang akan disesuaikan dengan hasil wawancara di lapangan oleh koresponden yang relevan. Penelitian ini bertujuan merinci identifikasi tipe ruang yang ada di dalam Gurdwara berdasarkan dengan kebutuhan dan kebiasaan adat istiadat dari daerah asal kepercayaan mereka, identifikasi proses pembangunan Gurdwara berdasarkan timeline sejarah dan pembangunan di Tanjung Priok dan pengaruh serta hubungan antara budaya dari lokasi asal dan lingkungan sekitarnya.

Gurdwara is a religious building used by the Sikh community. As a religious community and diaspora, development within the Gurdwara must have a symbolic value that serves as their identity. Gurdwara's identity can be determined from the use of various ornaments, symbols, and sacred spaces. The meaning of the symbol in this study is used to analyze the significant meaning of the symbol. This study aims to explain the identity and sense of belonging of the Sikh community, how they preserve sacred space for worship rituals and memories of their country of origin, and their life history. A journey of struggling together to maintain an architectural phenomenon that is awakened by a sense of belief in upheld religious teachings and a blend of cultural elements from other countries. This qualitative research uses an iconological approach that uses a narrative descriptive method to describe the case studies raised. In this research, data collection will be carried out through archive and literature collection activities which will be adjusted to the results of interviews in the field by relevant correspondents. This study aims to detail the identification of the types of space that exist in the Gurdwara based on the needs and customs of the area of origin of their beliefs, identification of the Gurdwara development process based on the historical and development timeline in Tanjung Priok, and the influences and relationships between the culture of the location of origin and the surrounding environment.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Christie Maylinda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: [Publisher not identified], 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 96 pages : illustrations ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-71892728 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524844