:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Product Placement dalam Sinetron Indonesia (Studi pada Sinetron Tukang Ojek Pengkolan) = Product Placement in Indonesian Soap Operas (Study on Tukang Ojek Pengkolan Series)

Bernadeth Madelinee; Chandra Kirana, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Sinetron telah lama menjadi bagian integral dari industri televisi di Indonesia, dan masih menjadi hiburan pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia. Praktik product placement telah mendapatkan popularitas sebagai strategi pemasaran di industri hiburan, termasuk sinetron, sebagai cara halus untuk mempromosikan produk kepada penonton. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis praktik penempatan produk di sinetron Indonesia, dengan fokus pada contoh penempatan produk Lemonilo di sinetron Tukang Ojek Pengkolan. Data pada studi ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif dan metodologi yang digunakan adalah kajian literatur. Kesimpulan menunjukkan bahwa product placement dalam sinetron seringkali menyimpang dari esensi awal dari product placement dan memiliki implementasi yang cenderung berlebihan dan terlalu bersifat hard-selling

Soap operas have long been an integral part of the television industry in Indonesia, and is still the entertainment of choice for many Indonesians. The practice of product placement has gained popularity as a marketing strategy in the entertainment industry, including sinetron, as a subtle way to promote products to the audience. This paper aims to analyse the practice of product placement in Indonesian soap operas, focusing on the example of Lemonilo product placement in the soap opera Tukang Ojek Pengkolan. The data in this study uses secondary data. This research is descriptive and the methodology used is literature review. The conclusion shows that product placement in soap operas often deviates from the original essence of product placement, which is implicit promotion, and has an implementation that tends to be explicit and too hard-selling.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Bernadeth Madelinee.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 22 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-23-23147750 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920525090