:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

BIG-M Inkubator Bisnis|Co-Working Space = BIG-M (Business Incubator|Co-Working Space), Igniting the Spark of Entrepreneurship

Adelia Hanindya Nastiti; Hendrajaya Isnaeni, supervisor; Endy Subijono, supervisor; Arya Abieta, supervisor; Nur Hadianto, supervisor; Joko Adianto, supervisor; Mokhamad Zaenal Abidin, supervisor; Tresnowati Soendoro, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Kawasan pengembangan MRT Fase 2 di area Mangga Besar di Jakarta memiliki image kuat akan hiburan malam, namun disisi lain kawasan ini juga memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis dan kewirausahaan. Kawasan ini terletak di pusat kota Jakarta, sehingga memiliki aksesibilitas yang baik dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, kawasan ini juga memiliki beragam kegiatan bisnis dan komersial seperti perhotelan, kuliner lokal, restoran, dan pusat perbelanjaan, sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan dan investasi.
Selain faktor lokasi yang strategis, kawasan Mangga Besar juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya, yang dapat menjadi basis untuk pengembangan bisnis kreatif dan inovatif. 
Sebagai pengembangan kawasan TOD dengan target ke ranah Sosial dan Ekonomi. Bisnis inkubator dapat menjadi salah satu cara untuk meng-uplifting kawasan red district. Dengan menyediakan fasilitas dan sumber daya yang diperlukan, keberadaaninkubator bisnis dapat memicu perkembangan SDM sekitar dan menciptakan lingkungan yang lebih inovatif kreatif dan dinamis. Selain itu juga memberikan fasilitas bagi calon pengguna untuk membangun jaringan dan hubungan bisnis yang lebih kuat dan luas di kawasan Mangga Besar sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan opsi mata pencaharian yang variatif. Inkubator bisnis ini nanti nya akan dilengkapi dengan fungsi co-working space dan juga fasilitas penunjang public library.

Mangga Besar area of Jakarta which included in the MRT’s Phase 2 Development Area has a strong image of nightlife entertainment, but on the other hand, this area also has great potential for business and entrepreneurship development. The area is located in the heart of Jakarta, providing good accessibility and easy reach for the community. Additionally, the area offers diverse business and commercial activities such as hotels, local cuisine, restaurants, and shopping centers which can attract more customers and investments.
In addition to it’s strategic location, the Mangga Besar area has a rich history and culture, which can serve as a foundation for creative and innovative business development. As a TOD (Transit-Oriented Development) area targeting social and economic realms, business incubators can be one way to uplift the red-light district image. By providing necessary facilities and resources, the presence of business incubators can stimulate the development of human resources in the surrounding area and create a more innovative, creative, and dynamic environment. Additionally, it provides facilities for prospective users to build stronger and broader business networks and relationships in the Mangga Besar area, thereby encouraging economic growth and providing diverse livelihood options. The business incubator will be equipped with co-working space functions and supporting facilities such as a public library.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Adelia Hanindya Nastiti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 23 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-46497751 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920525609