Catur pada beberapa tahun belakangan ini mengalami kebangkitan dalam wujudnya yang baru, yakni catur online. Melalui waktu-waktu sulit di masa pandemi, orang-orang menemukan kecintaannya pada catur melalui platform bermain online dan media sosial, di mana para pecatur profesional mulai tertarik untuk menjadi kreator konten dan menyajikan konten catur kepada masyarakat luas. Catur tidak pernah sepopuler ini sebelumnya, dan hal ini bisa jadi disebabkan oleh seorang guru catur internet, Levy Rozman, atau yang lebih dikenal sebagai Gotham Chess. Rozman menghasilkan pertumbuhan engagement yang masif pada Januari 2023 dengan membagikan konten video singkatnya pada YouTube shorts kanal Gotham Chess. Tulisan ini ingin mencari tahu bagaimana ia mengembangkan engagement secara pesat dengan menggunakan metode kualitatif analisis konten untuk menganalisis konten video singkat yang dibagikan oleh Gotham Chess pada Januari 2023. Menggunakan teori user engagement behavior dan media baru, tulisan ini menganalisis perilaku engagement pengguna konten YouTube shorts Gotham Chess. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang berkontribusi dalam mendorong perilaku engagement pada konten video singkatnya, yakni: 1) frekuensi yang konsisten dan moderat, yakni sejumlah 30 video singkat dalam satu bulan, 2) jenis konten yang bervariasi, 3) penggunaan kalimat pembuka, hook, dan catchphrase, serta 4) penyebutan nama-nama besar selebritas catur. Meskipun demikian, tulisan ini terbatas pada faktor internalnya saja, sedangkan ada faktor-faktor di luar konten itu sendiri yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan perilaku engagement yang tentunya dapat dibahas di penelitian-penelitian selanjutnya. Chess in recent years has been revived to its new form of online chess. Throughout the hard times of the pandemic, people found and rekindled their love of chess through online platforms and social media, where professional chess players were just getting started with their idea of creating chess content for the masses. Chess has never been more popular than it is today, thanks to the viral internet chess teacher, Levy Rozman, who is better known as his online persona, Gotham Chess. Rozman has found the way to generate massive engagement growth in January 2023 and this article seeks to know how by using methods of qualitative content analysis in order to analyze the short-form video contents of Gotham Chess in January 2023. Through the lenses of user engagement behavior and new media, this paper seeks to analyze the user engagement behavior on Gotham Chess’ YouTube shorts. The findings show a series of factors that contributed in boosting the engagements of his short-form video contents, namely: 1) consistent uploads with moderate frequency of 30 short-form videos per month, 2) a wide variety of content, 3) the use of intros, hooks, and catchphrases, and 4) mentions of big names and chess celebrities. However, this study is limited to the internal factors of a YouTube shorts content, while there are also other external factors to explore in the next studies to come that could contribute in generating user engagements for content creators in digital platforms. |