:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perencanaan Penilaian Supplier dalam Multi source Strategy Dengan Metode Delphi, Ahp, dan Topsis pada Perusahaan Otomotif Perseroan = Planning Supplier Assessment in Multi-source Strategy with Delphi, Ahp, and Topsis Methods in Automotive Company

Aga Ferdiansyah; Dendi Prajadhiana Ishak, supervisor; Zulkarnain, examiner; Arian Dhini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini menyajikan perencanaan pemilihan pemasok untuk perusahaan yang mengadopsi strategi multi source, di mana beberapa kategori komponen dipasok oleh beberapa pemasok. Memiliki beberapa pemasok dapat menjadi pilihan yang tepat ketika pemasok memiliki masalah kapasitas, sumber cadangan diperlukan untuk melindungi dari kekurangan bahan, dan kebutuhan untuk menjaga persaingan di antara pemasok. Kriteria yang digunakan untuk menentukan peringkat supplier adalah kualitas, biaya, dan pengiriman. Metode Delphi digunakan untuk mendapatkan perbandingan tingkat kepentingan antara semua kriteria. Setelah itu data menjadi input untuk kriteria analisis bobot menggunakan metode AHP. Terakhir, data bobot kriteria digunakan sebagai input dalam penentuan peringkat untuk memilih pemasok menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari tiga langkah utama dalam penelitian ini adalah peringkat pemasok yang mewakili kinerja kualitas, pengiriman, dan aktivitas biaya mereka. Pengambil keputusan harus mengalokasikan pesanan sesuai dengan strategi alokasi pesanan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah pemasok melakukan yang terbaik untuk mengungguli pesaing mereka dan daya saing antar pemasok dapat dipertahankan.

This study presents a supplier selection planning for companies that adopt multi source strategy, where some category of components supplied by several suppliers. Having several suppliers can be the right choice when a supplier has capacity problems, backup sources are needed to protect against material shortages, and the need to maintain competition among suppliers. Criteria that used for determining supplier rank are quality, cost, and delivery. The Delphi method is used to obtain comparison of importance degree between all criteria. After that the data become input for criteria weight analysis using AHP method. Finally, the criteria weight data used as input in rank determination for selecting supplier using TOPSIS method. The result of these three main steps in this study is supplier ranking that represents their performance of quality, delivery, and cost activity. Decision maker must allocate orders following the order allocation strategy that has been determined by the company. The expected outcome of this study is suppliers doing their best to outperform their competitor and competitiveness between suppliers can be maintained.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Aga Ferdiansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 44 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-31485741 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920526366