:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Peran Apoteker di Industri Farmasi Fokus Pada Bagian Marketing = The Role of Apothecary in the Pharmaceutical Industry Focuses on Marketing

Cindy Alti; Sukmana Dwi Cahyadi, supervisor; Kurnia Sari Setio Putri, supervisor; Catur Jatmika, examiner (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Industri farmasi adalah suatu badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat dengan memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). PT Abbott Indonesia merupakan perusahaan PMA multinasional bidang kesehatan yang berdedikasi untuk menemukan obat-obatan baru, teknologi baru, dan cara-cara baru untuk mengelola kesehatan. Marketing merupakan sub-divisi dari EPD di PT Abbott Indonesia yang memiliki peranan dalam membuat strategi pemasaran produk, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kegiatan Praktek Kerja Profesi Apoteker dilakukan mulai 17 Maret 2022 hingga 17 Mei 2022 di Abbott EPD Indonesia – Sub divisi Marketing. Laporan khusus ini berrtujuan untuk memberikan informasi terkait peran dan tugas Apoteker khususnya sub-divisi marketing dalam kegiatan persiapan re-launching produk yang ada di Abbott EPD Indonesia yaitu produk XX. Apoteker berperan penting dalam marketing sebagai perpanjangan tangan perusahaan dalam memberikan edukasi dan mempromosikan suatu produk farmasi kepada tenaga kesehatan lain maupun masyarakat menggunakan data ilmiah. Marketing berperan dalam membuat strategi pemasaran produk dengan melakukan forecasting untuk melihat peluang mengembangkan bisnis dan market share. Pengembangan bisnis tersebut dituangkan ke dalam Launch Plan dan Brand Plan. Dalam menjalankan tugas development re-launching produk XX, sub-divisi marketing di Abbott EPD Indonesia memiliki tugas seperti analisa data market, mengumpulkan customer insight, analisa kompetitor, menghitung sales forecast, hingga membuat promo materials dan mengadakan symposium/events.

The pharmaceutical industry is a business entity that has a permit from the Minister of Health to carry out activities to manufacture drugs or medicinal ingredients by fulfilling the requirements of Good Medicine Manufacturing Practices (GMP). PT Abbott Indonesia is a multinational company in the health sector dedicated to discovering new medicines, new technologies and new ways to manage health. Marketing is a sub-division of EPD at PT Abbott Indonesia which has a role in making product marketing strategies, both short and long term. Pharmacist Professional Job Training Activities will be carried out from March 17th 2022 to May 17th 2022 at Abbott EPD Indonesia – Marketing Sub division. This special report aims to provide information regarding the roles and duties of pharmacists, especially the marketing sub-division in preparation for product re-launching at Abbott EPD Indonesia, namely product XX. Pharmacists play an important role in marketing as an extension of the company in providing education and promoting a pharmaceutical product to other health workers and the public using scientific data. Marketing plays a role in making product marketing strategies by forecasting to see opportunities to develop business and market share. The business development is outlined in the Launch Plan and Brand Plan. In carrying out development tasks for re-launching XX products, the marketing sub-division at Abbott EPD Indonesia has tasks such as analyzing market data, gathering customer insights, analyzing competitors, calculating sales forecasts, making promo materials and holding symposiums/events.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Cindy Alti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 17 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-62924191 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920526968