Hubungan antara Pendekatan Belajar dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama = The Correlation between Learning Appproach and College Adjustment among First Year Undergraduate Students
Maharani Cyrilla;
Tjut Rifameutia Umar Ali, supervisor; Stephanie Yuanita Indrasari, supervisor; Pratiwi Widyasari, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023)
|
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah learning approach (pendekatan belajar) mahasiswa, yaitu pendekatan belajar deep,strategic, atau surface memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi, khususnya pada masa pembelajaran secara hybrid setelah sebelumnya mahasiswa mengalami pembelajaran jarak jauh di masa sekolah menengah atas mereka. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 di Indonesia (N = 122). Pengumpulan data penelitian dilakukan secara online dengan cara menyebarkan link Google form melalui media sosial. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi adalah College Adjustment Questionnaire (CAQ), sedangkan untuk pendekatan belajar adalah The Approaches and Study Skills Inventory for Student (ASSIST). Teknik analisis yang digunakan untuk melihat hubungan antara dua variabel adalah Pearson Product Moment Correlation Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi (r = 0.335, p < 0.01) dan pendekatan belajar strategic memiliki hubungan yang paling kuat terhadap penyesuaian diri mahasiswa (r = 0.527, p < 0.01). Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar sampel dapat merepresentasikan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. The background of this research is to see whether the student learning approach, namely deep, strategic, or surface learning approaches has a relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions, especially during the hybrid learning period after previously students experienced distance learning in their high school. The participants in this study were first-year students from batch 2022 in Indonesia (N = 122). Research data was collected online by distributing Google form links via social media. The measuring tool used to measure college adjustment was the College Adjustment Questionnaire (CAQ), while the learning approach was The Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST). The analysis technique used to see the relationship between the two variables isthe Pearson Product Moment Correlation Coefficient. The results showed that the learning approach had a significant relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions (r = 0.335, p < 0.01), and the strategic learning approach had the strongest relationship with the adjustment of students in their first year (r = 0.527, p < 0.01). Forfurther research, it is hoped that the sample can represent students from various tertiary institutions in Indonesia. |
S-Maharani Cyrilla.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 40 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-24-01444154 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527000 |