:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Lingkungan Keluarga dan Temperamen Anak terhadap Kecenderungan Anak Usia 3 hingga 4 Tahun yang Mengalami Keterlambatan Bicara = Speech Delay in Children Aged 3 - 4 Years Old: The Role of Home Environment and Child's Temperament

Ivan Rizqullah Muttaqin; Puji Lestari Suharso, supervisor; Indri Hapsari Susilowati, supervisor; Sianipar, Agnes Nauli Shirley W., examiner; Rini Hildayani, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Keterlambatan bicara merupakan ketidaksesuaian pada kemampuan anak dalam berbicara dibandingkan dengan anak seusianya sehingga sulit untuk dimengerti oleh orang lain. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan dan perkembangan bicara anak, salah satunya lingkungan keluarga dan temperamen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran lingkungan keluarga dan temperamen terhadap keterlambatan bicara serta seberapa besar peran kedua variabel tersebut. Penelitian ini melibatkan 128 partisipan yang memiliki anak usia 3 dan 4 tahun. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Speech and Language Developmental Milestones, Home Screening Questionnaire (HSQ), dan EAS Temperament Survey for Children. Hasil analisis statistik penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan temperamen anak tidak berhubungan dengan kecenderungan keterlambatan bicara pada anak usia 3 dan 4 tahun. Penelitian ini diharapkan dapat disempurnakan pada penelitian yang akan datang agar mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai hubungan lingkungan keluarga dan temperamen terhadap kecenderungan anak usia 3 dan 4 tahun yang mengalami keterlambatan bicara.

Speech delay is a discrepancy in a child's ability to speak compared to other children of the same age, making it difficult for others to understand. There are several factors that can affect the ability and development of children's speech, one of which is the family environment and temperament. This study aims to see how the role of family environment and temperament on speech delay and how big the role of these two variables. This study involved 128 participants who had children aged 3 and 4 years. The instruments used in this study were Speech and Language Developmental Milestones, Home Screening Questionnaire (HSQ), and EAS Temperament Survey for Children. The results of the statistical analysis of this study showed that family environment and child temperament were not associated with the tendency of speech delay in 3 and 4-year-old children. This study expected can be refined in future research in order to get a clearer picture of the relationship between family environment and temperament towards the tendency of children aged 3 and 4 years to experience speech delays.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ivan Rizqullah Muttaqin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 60 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-92999691 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527051