:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Realasi Diantara Institusi Agama Dan Rasisme Dalam GIM Dragon Age Origins (2009) = The Relation Of Institutionalized Rekigion And Racism in Video Game Dragon Age Origins (2009)

Thara Nadhifa Zakirah; Bayu Kristianto, reviewer; Junaidi, reviewer (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Perkembangan eksponensial gim video dalam budaya populer telah menarik perhatian cendekiawan selama bertahun-tahun. Dibanding media lain, gim video unik karena mereka memberikan pengalaman interaktif untuk para pemain dengan cara memberi pemain kekuasaan untuk memilih. Keberadaan mitologi dan sistem kepercayaan dalam gim video telah diperdebatkan sebagai peran yang penting, di mana mitologi dan sistem kepercayaan bertindak sebagai referensi yang menjadi dasar gim itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana sistem kepercayaan utama di Dragon Age: Origins (2009) saling berhubungan dengan hirarki ras dalam game. Narasi dan mekanik dalam him dipelajari guna menunjukkan dengan tepat hubungan lembaga agama dengan rasisme. Hasil temuan menunjukkan bahwa ada hubungan yang kompleks antara rasisme dan lembaga agama. Dari waktu ke waktu, studi soal rasisme berlandaskan agama dan pemahaman kita akan religiusitas berkembang. Meskipun tidak ada korelasi eksplisit yang menyatakan bahwa lembaga agama dan rasisme itu berkaitan, bukan berarti keduanya sepenuhnya tidak terkait. Kita harus berhati-hati untuk tidak menentang agama itu sendiri, tetapi mengkritik dinamika lain yang ikut bermain seperti kekuasaan dan harta.

The exponential growth of video games in popular culture has been piquing scholars' attention for years. Video games are unique compared to other media as they provide interactive experience for the users by giving them the power to choose. It has been argued that mythologies and belief systems play an important role in video games, wherein they act as referents to which video games are based on. This study aims to research how the major belief system in Dragon Age: Origins (2009) is interconnected with the in-game racial hierarchy. Using textual analysis as the method, the game narrative and mechanics are studied in order to pinpoint the connection between institutionalized religion and racism. The findings show that there are complex relations between racism and institutionalized religion. Through time, the study of religious racism and our understanding of religosity evolved. Although there are no explicit positive corelation between the two, it is not entirely unrelated either. We must be careful to not to oppose religion itself, but to criticize the other dynamics that come into play such as power and money.

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-25444386 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527262